Perhatian! Pendaftar Ujian CPNS Harus Sudah Men-Scan Dokumen-Dokumen Ini

Perhatian! Pendaftar Ujian CPNS Harus Sudah Men-Scan Dokumen-Dokumen IniSeperti kita ketahui bahwa berdasarkan informasi-informasi yang beredar di Internet bahwa Pendaftaran Ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan dimulai pada tanggal 20 Agustus sampai dengan 3 September 2014. Kalau dihitung-hitung berarti tinggal sebentar lagi, namun apakah Anda sudah mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk melamar lowongan formasi CPNS nantinya?. Kalau belum, sebaiknya segera mempersiapkannya sedini mungkin karena apabila Anda mendaftarnya jauh-jauh hari situs-situs yang menampung pendaftaran tersebut akan down karena banyaknya pengunjung yang datang. Jikalau sudah begitu maka kesempatan Anda untuk mendaftar CPNS akan hilang karena website resmi pendaftaran CPNS tersebut tidak dapat dibuka, tentunya Anda tidak mau dong!

Mengenai hal ini, bahkan Ketua Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Suwardi sudah memperingatkan jauh-jauh hari mengenai hal ini. Beliau mengatakan bahwa ada baiknya masyarakat yang berkeinginan untuk mendaftar CPNS agar sudah mempersiapkan dokumen-dokumen persyaratannya.

Mulai sekarang sudah menyicil scan-scan dokumen seperti ijazah dan lainnya. Pokoknya yang umum kalau melamar kerja. Jangan sudah mepet nanti malah tidak terkejar,” ungkap Suwardi

Pak Suwardi menambahkan berdasarkan pengalaman-pengalaman tahun-tahun lalu, rata-rata Website resmi untuk pendaftaran CPNS akan diserbu oleh para pendaftarn sehingga terkadang server website tersebut akan Crash, karena tak sanggup lagi menampung trafik yang begitu banyak. Adapun website resmi untuk mendaftar CPNS 2014 nantinya akan disokong oleh dua alamat website yaitu http://panselnas.menpan.go.id/ dan juga http://sscn.bkn.go.id/. Masyarakat dihimbau tidak tertipu dengan klaim-klaim pihak-pihak tertentu yang menyediakan alamat situs untuk pendaftaran CPNS 2014 selain kedua alamat tersebut.

Namun pertanyaannya apa-apa saja yang perlu dipersiapkan oleh masyarakat yang ingin mendaftar CPNS? Well, seperti yang kita ketahui bahwa untuk tahun 2014 ini, seluruh Pendaftaran dan Proses Ujian CPNS akan dilakukan secara online. Berkenaan dengan itu, dalam proses pendaftaran, para pemohon diharapkan mempersiapkan dokumen-dokumen persyaratan utama sebagai data pendukung dalam pendaftaran CPNS tanggal 20 nantinya. Apa-apa sajakah dokumen-dokumen yang harus di Scan tersebut?, berikut daftarnya:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku;
  2. Berkas fotokopi digital ijasah dan transkrip dalam format PDF (dengan nama ekstensi PDF) dan maksimal berukuran 500 KB.
  3. Pasfoto digital warna berukuran 200 x 150 piksel dalam format JPEG (dengan nama ekstensi JPG) dan maksimal berukuran sebesar 30 KB.

Selain itu karena nantinya pendaftaran akan dilakukan secara online, maka diharapkan para pelamar sudah mempersiapkan data-data/informas-informasi sebagai berikut:

  1. Nomor Induk Kartu Tanda Penduduk;
  2. Tahun dan Nomor Ijasah Pendidikan Terakhir
  3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Pendidikan terakhir
  4. Alamat Surat Elektronik (E-Mail) yang aktif Anda pakai saat ini;
  5. Judul dan abstrak tugas akhir/tesis/disertasi
  6. Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah dari Dikti – Depdiknas, atau Surat Keterangan telah mengajukan permohonan Penyetaraan Ijazah ( khusus untuk lulusan dari luar negeri)

Perlu Anda ketahui ada baiknya setiap data-data yang Anda masukan dalam sistem Panselnas nantinya haruslah sesuai dan didukung dengan dokumen-dokumen yang Ada, sebab sebelum ujian dilaksanakan akan ada sesi verifikasi data. Ketidaksesuain data Anda dengan apa yang tercantum dalam sistem dapat mengakibatkan Anda didiskualifikasi. Disamping itu Panitia ujian juga tidak berwenang untuk melakukan perubahan terhadap data-data yang ada, oleh karena itu Anda harus berhati-hati dalam memasukan data-data pribadi jangan sampai ada kesalahan.

Sebagai tambahan bahwa dalam pendaftaran CPNS tahun sangat berbeda dengan tahun-tahun berikutnya, karena menggunakan sistem single entry atau yang sering disebut dengan sistem yang terintegrasi secara online. Selanjutnya bagaimanakah alur pendaftaran CPNS 2014?,  Berikut alur pendaftaran CPNS 2014 secara online yang dikutip dari situs panselnas.menpan.go.id :

  1. Buka situs resmi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di alamat http://panselnas.menpan.go.id atau http://sscn.bkn.go.id/;
  2. Selanjutnya Lakukan pendaftaran dengan melengkapi data-data pribadi Anda seperti  kolom NIK, Nama, Email, dan Pilihan Instansi yang Dilamar, perlu diingat harap setiap data yang dimasukan didukung dengan dokumen yang nyata, kesalahan dalam memasukan data akan mengakibatkan akan Anda didiskualifikasi dalam proses verifikasi;
  3. Selanjutya Setelah melakukan pendaftaran, pelamar akan mendapatkan Username, Password dan Link (tautan) Pendaftaran Online Instansi yang Dilamar, dimana kesemua informasi tersebut akan dikirimkan melalui email pilihan Anda.
  4. Lalu anda harus membuka Link (tautan) Pendaftaran yang sudah diterima. Anda akan melihat tampilan pendaftaran CPNS di instansi yang dituju.
  5. Selanjutnya lakukan Login dengan memasukkan username dan password yang sudah diterima sebelumnya. Lengkapi pendaftaran, dan lengkapi dokumen. Kelengkapan dokumen seperti ijazah dan lainnya disampaikan dalam bentuk data dengan format pdf dan di-upload pada kolom dokumen yang sesuai.
  6. Setelah selesai melakukan pengisian dokumen, pelamar akan memperoleh kartu registrasi. Anda harus mencetak kartu registrasi tersebut sebagai bukti telah mendaftar.
  7. Selanjutnya Anda harus menunggu hasil verifikasi berkas pendaftaran oleh tim verifikator. Hasil verifikasi akan diumumkan dalam situs http://ssc.bkn.go.id atau situs resmi masing-masing lembaga.
  8. Lakukan Login untuk mengetahui hasil verifikasi. Bila lulus verifikasi administrasi, pelamar akan mendapat kartu peserta tes. Cetak Kartu Peserta Test sebagai bukti pelamar telah lulus saringan administrasi dan dapat mengikuti test seleksi CPNS.
  9. Bawa Kartu Peserta Test yang sudah di cetak saat mengikuti tes CAT di tempat yang ditunjuk oleh instansi yang dituju pelamar.

That’s it! demikian informasi-informasi yang perlu Anda ketahui dalam proses pendaftaran CPNS 2014, semoga bermanfaat!

About the Author

Seorang Lawyer dan Auditor yang menguasai ilmu khusus seperti Tindak Pidana Korupsi, Penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Daerah, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Hibah Daerah /Bantuan Sosial

Author Archive Page

Comments

Leave a Reply