Pengumuman CPNS dimulai November 2014

Source : www.pekanbaru.co

Source : www.pekanbaru.co

Pengumuman CPNS dimulai November 2014 – Bagi Anda yang telah mengikuti ujian TKD CPNS Tahun 2014 ada berita baik karena pihak Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) menyatakan semua intansi akan mengumumkan hasil seleksi CPNS Tahun 2014 mulai bulan depan. Hal ini berarti pengumuman CPNS Lebih cepat satu bulan jika dibandingkan dengan seleksi tahun lalu yang jatuh pada bulan Desember – Januari.

Adapun saat ini alasan tiap-tiap instansi belum mengumumkan hasil seleski CPNS 2014 karena masih menunggu hasil Tes Kemampuan Bidang (TKB) yang diselenggarakan masing-masing instansi. Meskipun TKB merupakan kewenangan masing-masing instansi, peserta CPNS dihimbau untuk tidak khawatir karena hasil integrasi TKD + TKB akan tetapi menjadi kewenangan Panselnas, sehingga keputusan kelulusan nantinya akan dimonitoring oleh Panselnas. Berikut sebagaimana dikutip dari portal berita JPPN:

JAKARTA – Pengumuman kelulusan CPNS 2014 akan dimulai November mendatang. Hanya saja pengumuman dilakukan bertahap dan tidak serentak.

“Pengumuman hasil tes CPNS akan kita mulai November. Ini baru sebatas untuk instansi pusat, kalau instansi daerah belum,” kata Asisten Deputi SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Arizal kepada JPNN, Kamis (16/10).

Dia menyebutkan sampai hari ini sudah 18 instansi pusat yang hasil tes kompetensi dasarnya (TKD) sudah diserahkan Panselnas. Selanjutnya 18 instansi tersebut mengumumkan hasil TKD kepada peserta tes.

“Yang lolos passing grade masih mengikuti tes kompetensi bidang (TKB). Nah saat ini instansinya masih melaksanakan TKB, hasilnya nanti diserahkan ke panselnas lagi untuk diintegrasikan dengan hasil TKD,” terangnya.

Bagi instansi yang tidak melaksanakan TKB, lanjutnya, hasil TKD-nya sudah bisa diumumkan. Namun sejauh ini belum satupun instansi mengumumkan kelulusan CPNS karena rata-rata masih melaksanakan TKB.

Namun yang menjadi pertanyaan kapan masing-masing instansi mengadakan TKB sedangkan berdasarkan pengamatan penulis belum ada satupun instansi yang mengumumkan hasil TKD meskipun sudah melakukan ujian satu bulan yan lalu. Hal ini yang menjadi pertanyaan, karena klaim dari Panselnas yang menyatakan bahwa hasil TKD sudah diserahkan kepada masing-masing instansi dan instansi-instansi tersebut sedang melaksanakan TKB. Apakah tidak ada komunikasi antara pihak Panselnas dengan masing-masing instansi atau apa alasannya, tidak jelas mengapa selalu saja pernyataan yang dilontarkan oleh Panselnas tidak sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan sebagai contoh sebelumnya Panselnas mengatakan wajib mempunyai e-KTP untuk mendaftar CPNS Tahun 2014, namun hal ini tidak berlaku dan mereka belum menarik pernyataan tersebut. Kalau sudah begitu jangan harap pengumuman CPNS benar-benar akan terjadi bulan Novermber depan.

Selain menjanjikan pengumuman seleksi CPNS awal-awal, Panselnas juga menghimbau masyarakat tidak tertipu dengan pengumuman-pengumuman yang mengatasnamakan CPNS di internet. Entah apa maksudnya, namun sepertinya hal terkait dengan menjamurnya situs-situs yang menyediakan soal-soal latihan persiapan CPNS, unik memang karena tidak satupun dari mereka yang menjanjikan kelulusan CPNS, namun memang sebagian orang sering salah tanggap dalam memahaminya contohnya dalam kasus Febriani, pada Agustus lalu.

Jadi kita tunggu saja apakah pengumuman CPNS memang benar-benar akan terjadi pada Novermber depan. Semoga!

About the Author

Seorang Lawyer dan Auditor yang menguasai ilmu khusus seperti Tindak Pidana Korupsi, Penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Daerah, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Hibah Daerah /Bantuan Sosial

Author Archive Page

Comments

Leave a Reply