KEMEN PAN R-B : Hati-Hati Dengan CPNSONLINE.COM

Picture Source : CPNSONLINE.COM

Picture Source : CPNSONLINE.COM

Ada-ada saja peristiwa yang terjadi menjelang dilakukannya tes ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2014, salah satunya adalah laporan yang diterima oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Dalam laporan tersebut dijelaskan bahwa terdapat seorang lulusan SMK yang bernama Febri Ani, berusia 9 tahun , mengklaim bahwa dirinya telah ditipu oleh website CPNSONLINE.COM. Apa sebenarnya yang terjadi?

Febri mengklaim bahwa CPNSONLINE.COM menyediakan layanan pendaftaran CPNS tahun 2014 namun memasang tarif sebesar Rp.118.000 yang harus ditransfer melalui Bank Mandiri. Tak jelas apa yang dimaksud dengan tarif pendaftaran CPNS tersebut. Namun dengan adanya laporan ini, Pihak Kemenpan RB menjelaskan bahwa masyarakat harus waspada dengan situs-situs yang menjanjikan ataupun menyediakan layananan CPNS dengan biaya-biaya tertentu,  karena banyak diantaranya yang memanfaatkan situsasi ini menjadi peluang bisnis. Sebagai mana dikutip dari Situs JPPN:

Simulasi CAT online website resmi KemenPAN-RB www.menpan.go.id ataupun website resmi BKN www.bkn.go.id. seperti halnya bimbingan tes, yang dapat diakses secara nasional secara gratis. “Simulasi maupun pelaksanaan tes seleksi CPNS tahun 2014 secara nasional sama sekali tidak dipungut biaya,”

Lebih-lebih dalam berita tersebut juga diberitahu bahwa Situs CPNSONLINE.COM menjanjikan bagi para pendaftar untuk dapat memenangkan Smartphone sampai Sepeda Motor apabila mendaftar sebelum 20 Agustus 2014. Wow! Febri sendiri mengatakan keempat temannya sudah mendaftar dan satu diantaranya sudah mentransfer sejumlah uang yang diminta.

Namun apakah benar seperti itu kejadiannya? Persangkaan saya mungkin ada kesalahpahaman baik dari saudari Febri Ani maupun Kemenpan RB terhadap website CPNSONLINE.COM. Setahu saya situs itu tidak menyediakan layanan pendaftaran CPNS yang memasang tarif terhadapnya melainkan menawarkan bahan-bahan materi sebagai persiapan untuk menghadapi CPNS bukan menjual pendaftaran CPNS.

Saya sangat respek sekali dengan situs CPNSONLINE.COM, meskipun saya bukan merupakan anggota situs tersebut dan tidak berencana ikut serta dalam waktu dekat. Namun mereka menyediakan banyak informasi yang berguna seputar penyelenggaraan CPNS setiap tahunnya. Informasi yang utama adalah mengenai pengumuman-pengumuman lowongan CPNS yang mereka sediakan dengan baik dan tersusun rapi sehingga pendaftar mendapatkan informasi yang jelas mengenai lowongan-lowongan yang ada. Situs resmi Panselnas sendiri tidak menyediakan informasi seperti ini, seperti kita ketahui semua situs Panselnas seperti www.formasi2.menpan.go.id dan www.formasi3.menpan.go.id. dan lain sebagainya sangat susah diakses sehingga menimbulkan frustasi bagi para pengaksesnya.

Mungkin satu-satunya yang sangat disayangkan dari situs ini adalah advertisement mereka yang terlalu mencolok dan gerilya. Hampir disetiap situs yang menyediakan informasi CPNS selalu menampakan kehadiran mereka. Bahkan Pengumuman-pengumuman Lowongan CPNS dimasukan beberapa iklan tentang layanan mereka di dalamnya. Memang sih hal itu bukanlah suatu yang aneh dalam dunia bisnis, namun apabila kita melihat itu-itu saja disetiap website yang berkaitan dengan CPNS maka menimbulkan rasa kemuakan yang mendalam terhadapnya.

Bagaimana menurut Anda?

About the Author

Seorang Lawyer dan Auditor yang menguasai ilmu khusus seperti Tindak Pidana Korupsi, Penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Daerah, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Hibah Daerah /Bantuan Sosial

Author Archive Page

Comments

1 Comment

Leave a Reply