Contoh Sistem Ujian CAT CPNS Tahun 2014 Resmi Dari Panselnas

Contoh Sistem Ujian CAT CPNS Tahun 2014 Resmi dari Panselnas – Banyak sekali contoh sistem Computer Assisted System (CAT) yang beredar baik melalui media internet maupun buku-buku pelatihan persiapan CPNS, namun kebanyakan dari sistem CAT tersebut tidaklah mencerminkan sistem CAT yang akan digunakan dalam pengerjaan ujian CPNS Tahun 2014 nanti. Nah, sebagai demo agar para peserta CPNS Tahun 2014 tidak kebingungan dalam mengerjakan soal ujian nantinya, Pihak Panselnas akhirnya membocorkan “penampakan” sistem CAT yang akan digunakan dalam pengerjaan ujian CPNS Tahun 2014. Bahkan pengerjaan tersebut di demonstrasikan melalui sebuah video lengkap dengan petunjuk pengerjaannya. Sehingga diharapkan dengan dipertunjukannya sistem CAT ini, para peserta CPNS Tahun 2014 tidak lagi merasa kebingungan tidak tentu arah.

Berdasarkan pengamatan saya terhadap demo tersebut, dapat disimpulkan bahwa sistem CAT yang akan digunakan nantinya pada dasarnya sama dengan sistem CAT yang beredar di internet dan buku-buku pelatihan sehingga peserta CPNS tidak perlu khawatir. Bahkan menurut pendapat penulis, sistem CAT yang didemonstrasikan oleh Panselnas ini terkesan sangat lamban dan navigasinya kurang sederhana untuk dipahami. Seharunsya navigasi diatur sedemikian sehingga otomatis setelah pertanyaan terjawab seperti halnya sistem CAT tahun lalu.

Disamping itu, Letak dan posisi pertanyaan dan jawaban sangat aneh dan membingungkan karena tidak diberi batas, takutnya bagi yang masih awam dengan sistem CAT ini bakal sulit mengerjakan soal-soal seperti ini dan bingung membedakan mana pertanyaan dan jawaban akibat latar belakang keduanya sama-sama diselubungi dengan warna putih. Satu hal lagi yang menurut saya yang perlu diperbaiki yaitu “tanda berhasil” ketika peserta menjawab pertanyaan alangkah baiknya diatur sedemikian rupa sehingga lebih jelas dan tidak melayang seperti itu.

Poin penting yang perlu diperbaiki lainnya adalah tombol untuk menyelesaikan ujian apabila waktu masih tersisa, di dalam sistem CAT yang tunjukan tersebut tombol tersebut diwakili dengan tombol bertanda tangan menyapa yang terletak di pojok kiri atas dengan ukuran yang sangat kecil sekali. Dengan tidak adanya kata-kata petunjuk maka bisa dipastikan peserta bakal kebingungan atas kegunaan fungsi tombol-tombol tersebut, kalau salah pencet pasti langsung gagal deh!

Wah, saya pikir setelah mencoba beberapa sistem CAT yang beredar, sistem CAT sesungguhnya nanti bakal lebih canggih namun perkiraan saya salah, Panselnas memang menunjukan bahwa mereka benar-benar belum siap dalam menyelenggarakan CPNS Tahun 2014, semoga saja sistem CAT yang digunakan nantinya lebih canggih dari versi demo ini.

Silahkan tonton video di bawah ini:

 

About the Author

Seorang Lawyer dan Auditor yang menguasai ilmu khusus seperti Tindak Pidana Korupsi, Penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Daerah, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Hibah Daerah /Bantuan Sosial

Author Archive Page

Comments

Leave a Reply