Cara Membuat Paspor Secara Online

Picture Source : satulayanan.net

Picture Source : satulayanan.net

Apabila Anda ingin mengetahui cara membuat paspor secara online? Jenis-jenis Paspor terdiri dari berbeda macam seperti paspor konvensional, paspor elektronik dan salah satu yang baru-baru ini menjadi bahan pembicaraan yaitu Paspor sistem online atau yang lebih dikenal dengan Paspor Online. Perlu diketahui bahwa Paspor sistem online hanya cara pengurusannya saja yang berbeda namun hasil akhirnya sama dengan pengurusan paspor secara konvensional. Sejak tahun 2013, Pihak Imigrasi di Indonesia mencoba suatu gagasan baru yaitu memberian kemudahan kepada Warga negara Indonesia agar lebih mudah untuk mendapatkan paspor. Adapun ide ini muncul akibat banyaknya keluhan yang disampaikan para warga atas panjangnya antrian untuk mengurus Paspor di Kantor imigrasi. Hal ini bukanlah suatu yang baru sebab kantor imigrasi sememangnya sangat sibuk apalagi yang berkedudukan di kota-kota besar seperti Jakarta.

Adapun dengan adanya praktek yang baru ini diharapkan para “pencari” paspor tidak lagi merasa “stress” akibat dimakan oleh panjangnya waktu antrian di kantor imigrasi sewaktu proses pengurusan paspor secara konvensional. Dengan adanya gagasan yang brilian ini Anda tidak perlu lagi mengantri di kantor imigrasi seharian penuh. Disamping itu manfaat yang Anda akan dapatkan adanya keleluasan waktu dan tidak perlu menghabiskan biaya untuk datang ke kantor imigrasi.

Cara Mengurus Paspor Secara Online

1. Hal yang pertama yang wajib Anda persiapkan adalah dokumen-dokumen persyaratan seperti Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, Buku Nikah/Surat Nikah, Ijazah dan lain sebagainya untuk disubmit dalam sistem Kantor Imigrasi. Anda harus men-scan seluruh persyaratn dokumen tersebut dengan bentuk hitam putih. Lalu buka situs kantor Imigrasi di www.imigrasi.go.id, lalu arahkan kursor pointer Anda ke bagian atas lalu klik Layanan Publik>Layanan Online > Paspor Online.

2. Selanjutnya klik Pra Permohonan Personal, lalu Anda akan dibawa ke halaman baru dimana Anda akan diminta untuk mengisi seluruh data-data pribadi. Isilah seluruh data-data tersebut sesuai dengan dokumen-dokumen resmi Anda karena nantinya akan di verifikasi ulang oleh Pihak Imigrasi. Untuk kolom “Jenis Permohonan” silahkan Anda pilih Paspor Biasa – Baru. Jika Anda ingin mengurus pembaharuan atau pergantian karena hilang, silahkan pilih sesuai dengan pilihan yang Ada.

3. Dalam kolom Jenis Paspor jika Anda bingung harus pilih yang mana, maka pilihlah Paspor 48 Halaman ,Jenis paspor 48 Halaman adalah untuk paspor umum untuk perorangan. Sedangkan Kolom lainnya silahkan sesuaikan dengan keterangan pribadi Anda. Apabila sudah selesai silahkan klik tombol Lanjut.

Cara Mengurus Paspor Online

4. Selanjutnya pada halaman berikutnya Anda akan diminta untuk mengupload seluruh dokumen persyaratan yang diminta seperti KTP, Kartu Keluarga, Buku Nikah/Surat Nikah, dan dokumen lainnya sebagaimana yang diminta. Lalu klik tombol lanjut.

5. Pada halaman berikutnya Anda akan diminta untuk memilih salah satu Kantor Imigrasi terdekat untuk mengurus paspor nantinya, Pilihlah Kantor Imigrasi yang dekat dengan Anda berada sekarang, tidak perlu sesuai dengan KTP, namun terdekat yang mudah Anda datangi dengan segera. Lalu klik tombol “Lanjut”

6. Selanjutnya akan muncul tab verifikasi, Anda harus ketik angka dan huruf pada kode verifikasi tersebut. Kemudian klik tombol OK.

7.  Setelah itu akan muncul halaman Bukti Permohonan. Hal ini berarti Anda harus mencetak bukti permohonan tersebut. Silahkan cetak bukti permohonan tersebut, adapun bukti tersebut harus bawa saat melakukan wawancara di kantor imigrasi yang anda pilih tadi.

Cara Membuat Paspor Baru Secara Online Tahun 2014

8. Selanjutnya apabila telah Anda cetak bukti tersebut, lihatlah keterangan yang terdapat dalam bukti permohonan tersebut. Biasanya disitu tercantum tanggal untuk wawancara, pembayaran dan juga proses foto. Silahkan datangan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan untuk Anda. Jangan sampai salah jadwal, sebab antrian tidak akan bisa diubah, apabila Anda telat maka Anda harus memulai dari awal lagi.

9. Pada waktu proses wawancara, anda hanya melakukan proses verifikasi data-data dokumen persyaratan yang telah anda submit secara online sebelumnya.

10. Setelah proses wawancara selesai dilakukan,maka  anda akan dibawa untuk proses foto guna keperluan elemen dalam paspor anda nantinya. Kemudian selanjutnya Anda harus melakukan pembayaran di loket pembayaran sesuai dengan petunjuk dari petugas imigrasi.

11. Setelah Anda melakukan pembayaran dengan jumlah yang diminta, Anda akan mendapatkan bukti pembayaran serta kartu untuk mengambil paspor anda nantinya. Jangka waktu penerbitan P adalah 2 sampai dengan 7 hari sejak tanggal wawancara.

12. Pada tanggal dan hari yang ditentukan untuk mengambil paspor (biasanya Anda akan dinotifikasi mengenai hal ini), Silahkan Anda kembali ke kantor imigrasi bersangkutan dengan membawa bukti pembayaran. That’s it kini Anda telah mempunyai Paspor!

Jika kita perhatikan sebenarnya cara mengurus paspor sistem online hampir sama dengan proses mengurus paspor secara langsung membuat di kantor imigrasi. Perbedaanny tentunya adalah dalam proses mengurus paspor via online tidaklah memakan waktu yang lama.

Tips Wawancara Saat Pembuatan Paspor

Dalam proses wawancara terdapat beberapa hal yang Anda harus perhatikan agar nantinya tidak memberikan masalah atau hambatan kepada Anda, yakni :

  1. Jangan lupa untuk menyediakan salinan copy atas dokumen-dokumen persyaratan yang telah Anda scan, jangan lupa juga membawa dokumen aslinyan. Hal ini penting untuk jaga-jaga apabila diperlukan dalam proses verifikasi data.
  2. Datanglah pagi-pagi sekali, perlu Anda ketahui bahwa Kantor Imigrasi itu apalagi yang berada di kota-kota besar seperti Jakarta sangat padat dengan orang-orang yang mengantri untuk mengurus Paspor. Anda tentunya tidak ingin menghabiskan satu harian di Kantor Imigrasi bukan?
  3. Perlu diingat bahwa setelah proses wawancara akan ada pengambilan foto untuk keperluan elemen dalam paspor Anda. Oleh karena itu persiapkan dan riaslah diri Anda sebaik-baiknya. Jangan lupa memakai baju yang terbaik dan sopan. Ada baiknya untuk laki-laki memakai kemeja polos dan wanita memakai kemeja plus blazer untuk menampilkan aura profesionalitas. Tentunya kita semua tidak menginginkan foto dalam Paspor menampilkan momen terburuk bukan?
  4. Satu hal yang terpenting adalah biaya pembuatan paspor yaitu sebesar Rp 255.000. Ada baiknya Anda membawa uang sebesar 500.000 untuk jaga-jaga biaya yang tak terduga.

Demikian  Cara Membuat Paspor Online. Semoga berhasil!

About the Author

Seorang Lawyer dan Auditor yang menguasai ilmu khusus seperti Tindak Pidana Korupsi, Penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Daerah, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Hibah Daerah /Bantuan Sosial

Author Archive Page

Comments

2 Comments

  1. Kalo paspor batam mah agak mudah
    Saya dah bikin paspor 3 kali,yang susah tuh kalo paspor rusak nah bikin lagi 1bulan di cepetin nambah berapa juta tuh bisa cepet ngurusn

Leave a Reply