Contoh Surat Perkuliahan : Aktif Kuliah, Berhenti Kuliah, Izin Sakit dan lain-lan

Picture Source : blogs.indonesianpod101.com

Picture Source : blogs.indonesianpod101.com

Contoh Surat Perkuliahan : Aktif Kuliah, Berhenti Kuliah, Izin Sakit dan lain-lan – Masa-masa kuliah adalah masa yang paling bahagia, seperti itulah kebanyakan orang bilang namun dalam perjalanan proses mengikuti perkuliahan pasti ada saja peristiwa-peristiwa yang membuat Anda selaku mahasiswa mengalami kendala dalam melanjutkan proses perkuliahan seperti biasanya seperti sakit, non aktif sementara, berhenti kuliah dan lain sebagainya. Untuk melancarkan keinginan-keinginan tersebut tentunya diperlukan suatu surat atau dokumen sebagai bukti tertulis bahwa Anda benar-benar mengalami hal demikian. Karena semakin banyaknya permintaan contoh surat perkuliahan untuk postingan kali ini saya akan memberikan contoh surat-surat yang sering digunakan dalam perkuliahan.

1. Surat Aktif Kuliah

Surat Aktif kuliah biasanya digunakan untuk kepentingan-kepentingan yang mewajibkan seseorang dinyatakan masih aktif perkuliahan contohnya diperuntukan menarik gaji atau tunjangan pendidikan orang tua, mendapatkan beasiswa dari pemerintah dan lain sebagainya. Berikut contoh Surat Aktif Kuliah:

 

Surat Aktif Kuliah untuk beasiswa:

 

Atau jika surat aktif kulaih merupakan kewenangan kampus Anda untuk menerbitkannya, Anda dapat mengajukan surat permohonan penerbitan surat aktif kuliah atas nama Anda, berikut contoh surat permohonan aktif kuliah:

2.Surat Permohonan Berhenti Kuliah

Sesuai dengan namanya, surat permohonan untuk berhenti kuliah pada dasarnya diperuntukan bagi mereka-mereka yang memutuskan untuk tidak melanjutkan studinya di suatu universitas. Biasanya alasan untuk berhenti banyak mulai dari memilih karir untuk bekerja, hamil, mengurus rumah tangga dan lain sebagainya. Sebenarnya surat permohonan untuk berhenti kuliah ini jarang digunakan karena sebagian besar mahasiswa yang memutuskan untuk berhenti kuliah biasanya pergi saja tanpa memberikan keterangan apapun. Berikut contoh Surat Permohonan Berhenti Kuliah yang baik:

3. Surat Izin Sakit Kuliah atau Surat Dokter

Dalam proses belajar mengajar pasti tidak bisa dihindari dengan yang namanya sakit, karena manusia itu mahkluk yang rentan terhadap penyakit maka setiap kampus pada dasarnya memberikan dispensasi bagi mahasiswa yang sakit untuk tidak mengikuti perkuliahan untuk sementara waktu dengan syarat membuat surat izin sakit kuliah. Namun berdasarkan pengalaman penulis, surat izin sakit ini biasanya harus berupa surat dokter bukan surat izin sakit yang dibuat sendiri, berikut contoh surat dokter:

4. Surat Pindah Kuliah

Biasany surat pindah kuliah berguna bagi Anda yang mengajukan perpindahan kuliah dari satu universitas ke universitas lainnya. Namun yang perlu diingat surat pindah kuliah ini hanya bisa digunakan pada universitas swasta, kalau univeristas negeri kan karena jalur masuknya menggunakan ujian maka perpindahan yang dimaksud tidak bisa dilakukan. Berikut contoh Surat Pindah Kuliah yang baik dan benar yang dapat Anda gunakan:

5. Surat Kuliah di Lapangan

Biasanya surat kuliah di lapangan diperuntukan bagi mahasiswa-mahasiswa yang mengikuti perkulihan di luar kelas kampus contohnya study langsung ke situs objek, atau studi langsung ke pabrik-pabrik. Berikut contoh surat kuliah di lapangan:

 

6. Surat Penghapusan Mata Kuliah

Biasanya surat jenis ini digunakan apabila Anda ingin menghapus salah satu mata kuliah yang telah anda ambil dalm satu semester dan telah dicetak dalam Kartu Rencana Studi (KRS) Anda. Alasan pengurangan bermacam-macam mulai dari mengurang beban kuliah. Berikut contoh surat penghapusan mata kuliah yang baik dan benar:

 

7. Surat Pengajuan Kuliah Reguler Khusus

Surat jenis ini biasanya digunakan oleh karyawan di suatu perusahaan yang mendapatkan kesempatan magang selema waktu tertentu yang disediakan perusahaan-perusahaan multinasional. Dikatakan reguler khusus karena kuliah diadakan secara reguler di hari-hari tertentu. Berikut contoh Surat Pengajuan Kuliah Reguler Khusus:

 

8. Surat Permintaan Bantuan Kuliah

Surat jenis ini biasanya digunakan bagi Anda yang ingin mendapatkan beasiswa atau bantuan dana dari instansi-instansi tertentu untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tingga. Entah itu ke Gubernur, Bupati bahkan menteri sekalipun bisa dilakukan. Berikut contoh Surat Permintaan Bantuan Kuliah :

Demikianlah contoh surat-surat yang sering digunakan dalam proses perkuliahan, semoga contoh-contoh surat di atas bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

 

About the Author

Seorang Lawyer dan Auditor yang menguasai ilmu khusus seperti Tindak Pidana Korupsi, Penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Daerah, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Hibah Daerah /Bantuan Sosial

Author Archive Page

Comments

1 Comment

Leave a Reply