Contoh Proposal : Bantuan Dana, Usaha Makanan, Skripsi, Penelitian, Penawaran dan Lain-Lain

Contoh Proposal  Bantuan Dana Usaha Makanan Skripsi Penelitian Penawaran dan Lain-Lain

Picture Source : hasim319.wordpress.com

Pada dasarnya Proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja yang jelas dan terperinci, perencanaan yang  sistematis, matang dan teliti. Biasanya Proposal dibuat oleh peneliti sebelum melaksanakan penelitian, baik di lapangan  maupun melalui buku-buku. Apabila Anda seorang yang terpelajar atau pebisnis, keterampilan menulis proposal harus Anda dimiliki agar terbiasa berpikir sistematis dan logis sebagaimana di dalam langkah-langkah penulisan proposal.

Proposal banyak jenisnya dan tergantung penggunaannya untuk apa. Penulisan Proposal berbeda satu sama lainnya, begitu juga isi dan gaya bahasanya harus disesuaikan dengan tujuan akhir yang ingin dicapai. Apabila Anda ingin membuat proposal kegiatan resmi maka gaya penulisannya haruslah baku layaknya kegiatan bisnis pada umumnya. Namun apabila tujuan akhir yang ingin dicapai bersifat kasual, maka gaya penulisan dan bahasa haruslah bersifat “bersahabat” sehingga pihak yang membacanya tidak merasa canggung.

Contoh-contoh proposal sangat beragam, namun yang perlu Anda ketahui bahwa semuanya pada dasarnya bertujuan sama yaitu mendapatkan hasil yang diharapka. Bagi Anda yang bingung untuk mencari contoh proposal, jangan khawatir karena Anda dapat melihat berbagai contoh dipostingan ini.

1. Contoh Proposal Bantuan Dana

Pada dasarnya Contoh Proposal Bantuan Dana bersifat mengumpulkan Dana yang tujuannya untuk kepentingan tertentu atau kelompok tertentu. Bahasanya haruslah resmi dan menjelaskan mengenai tujuan dari kegiatan tersebut secara terperinci. Berikut Contoh Proposal Bantuan Dana:

 

2. Contoh Proposal Usaha Makanan

Proposal Usaha Makanan biasanya bertujuan untuk menyelenggarakan usaha makanan tertentu demi tujuan tertentu misalnya guna penyelenggaraan bakti sosial yang diselenggarakan oleh mahasiswa suatu kampus tertentu. Ataupun bisa juga berupa permintaan bantuan guna mendorong usaha tertentu pada kelompok tertentu untuk membangun usaha di komunitasnya. Berikut Contoh Proposal Usaha Makanan:

3. Contoh Proposal Skripsi

Seperti namanya, Proposal Skripsi biasanya digunakan oleh Mahasiswa dalam rangka mengerakan bagian awal skripsinya. Isi dalam proposal biasanya berkenaan dengan rangkaian rencana dan apa-apa saja yang akan dibahas dalam skripsi yang bersangkutan. Berikut Contoh Proposal Skripsi:

4. Contoh Proposal Penawaran

Seperti halnya Proposal Bisnis, Proposal Penawaran merupakan bagian dari proposal bisnis namun biasanya isi yang terkandung di dalamnya seputar penawaran terhadap barang atau jasa tertentu kepada pihak lain dengan rincian harga dan promosi-promosi lainnya. Biasanya proposal penawaran ini dibuat oleh perusahaan-perusahaan atau firma-firma tertentu untuk meningkatkan kegiatan bisnisnya. Berikut Contoh Proposal Penawaran:

5. Contoh Proposal Kegiatan Sekolah

Pada dasarnya Proposal Kegiatan sekolah merupakan proposal yang bertujuan untuk mendapatkan persetujuan atau juga bisa memberikan gambaran terperinci dan jelas mengenai kegiatan sekolah yang akan dilakukan oleh murid-murid di suatu sekolah tertentu. Berikut Contoh Proposal Kegiatan Sekolah:

6. Contoh Proposal Penelitian

Proposal penelitian bersifat teknikal sehingga isinya lebih bersifat penjelasan yang teknis dan terperinci agar sasaran pembaca didapatkan dengan mudah hingga mempermudah tujuan akhirnya. Berikut Contoh Proposal Penelitian:

7. Contoh Proposal Bisnis

Layaknya Proposal penawaran, Proposal Bisnis juga isinya seputar penawaran usaha tertentu kepada konsumer. Tujuan akhirnya adalah agar yang dituju menerima apa yang ditawarkan baik berupa barang atau jasa. Namun disamping itu proposal bisnis juga dapat berupa diluar hal tersebut. Berikut Contoh Proposal Bisnis:

8. Contoh Proposal UKM

Proposal UKM merupakan bagian dari proposal bisnis namun yang membedakannya adalah mengenai tujuan dan besar atau skala bisnisnya. Pada Proposal UKM lebih menitik beratkan pada usaha-usaha kecil menengah yang memberikan arti bahwa proposal jenis ini banyak digunakan oleh para pebisnis mengenah ke bawah. Berikut Contoh Proposal UKM:

9. Contoh Proposal Laporan Keuangan

Proposal Keuangan biasanya digunakan guna kepentingan pelaporan keuangan instansi atau organisasi tertentu dalam jangka waktu tertentu pula. Biasanya isisnya seputar angka-angka pencapaian, pembelanjaan dan sebagainya yang menggambarkan laporan keuangan suatu instansi dalam rentang waktu tertentu. Berikut Contoh Proposal Laporan Keuangan:

10. Contoh Proposal Penanaman Hutan

Proposal Penanaman Hutan merupakan proposal dengan tujuan yang bergerak dibidang lingkungan yaitu dalam rangka memperbaiki lingkungan sekitar yang dalam hal ini hutan. Berikut Contoh Proposal Penanaman Hutan.

11. Contoh Proposal HUT RI

Proposal HUT RI biasanya digunakan dalam rangka menyelenggarakan kegiatan-kegiatan tertentu yang berkaitan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia. Berikut Contoh Proposal HUT RI:

Demikianlah contoh-contoh proposal yang dapat diberikan dalam postingan ini, semoga contoh-contoh proposal tersebut berguna dan membantu Anda dalam menyelenggarakan kegiatan tertentu atau tujuan-tujuan lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

About the Author

Seorang Lawyer dan Auditor yang menguasai ilmu khusus seperti Tindak Pidana Korupsi, Penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Daerah, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Hibah Daerah /Bantuan Sosial

Author Archive Page

Comments

Leave a Reply