Pindah Agama : Tyrese Gibson Tidak Pindah, Lukman Sardi Sudah Lama

Minggu awal dimulainya bulan Ramadhan ini lagi-lagi dihebohkan dengan cerita-cerita netizen yang tidak mendidik, apalagi kalau bukan topik pindah agama selebriti. Sebenarnya saya malas membahas topik ini, selain karena sensitif dan tinggal dikeluarga yang pluralis, menurut saya soal keputusan menganut agama tertentu seseorang seharusnya jangan dibesar-besarkan di media apalagi kalau dia seorang publik figur. Namun karena banyak para pembaca setia blog ini yang meminta saya meneliti kebenaran isu tersebut, terpaksa saya posting pembahasan permasalahan ini.

Pertama adalah seorang Aktor Holllywood ternama yang bernama Tyrese Gibson yang diberitakan oleh media-media Indonesia telah masuk Islam awal ramadhan ini. Apa buktinya? rupanya para awak media tersebut salah menafsirkan postingan Tyrese di akun Instagram dan Twitternya. Di akun Instagram pemain film yang terkenal dalam film fast & furious tersebut Tyrese memberikan ucapan selamat Ramadhan atau berpuasa kepada seluruh umat Islam di seluruh dunia. Namun pertanyaannya apakah pemberian ucapan selamat ramadhan sudah pasti beliau memeluk Agama Islam?

Tyrese mengucapkan Ramadhan

Dalam postingan tersebut, Tyrese menulis :

Ramadan Mubarok untuk semua hati tulus Muslim di seluruh dunia, aku mencintaimu. Aku benar-benar mencintaimu!! Insya Allah berkah untuk kamu dan keluargamu,”

Kalau kita telisik, sebenarnya tujuan Tyrese itu baik beliau mau memberikan ucapan selamat berpuasa meskipun beliau seorang selebriti Hollywood yang super sibuk, namun sayang postingannya tersebut disalah artikan oleh sebagian orang.

Selanjutnya bukti lain yang dialegasikan oleh media-media di Indonesia untuk mendukung mualafnya Tyrese Gibson adalah postingan video di akun twitternya yang berjudul “The Purpose of Life” karya seorang pendakwah asal Australia. Dalam postingan tersebut Tyrese menulis “this gave me life”, isi videonya sebenarnya baik sekali, bahkan cenderung lebih kepada motivasi umum, tidak heran jika Tyrese menonton dan menyebarkan vdeo tersebut agar bermanfaat bagi orang banyak. Namun lagi-lagi postingan tersebut disalah artikan.

The purpose of life

Untuk memperkuat bukti-bukti tersebut, sebuah media yang terkenal dengan kegiatan provokasinya yaitu “The Deen Show” mencoba mengulasnya dengan menambah-nambahi hal hal tertentu untuk mendukung bahwa Tyrese telah masuk Islam. Namun hal tersebut tidak memberikan bukti yang kuat.

Terus apa respon Tyrese mengenai hal ini?

Rupanya ada seorang netizen yang bernama Heera Rodriguez dengan nama akun twitternya @Heeracazador menanyakan hal ini langsung kepada sang aktor. Beliau ingin mengkonfirmasi apakah berita mualafnya benar? namun apa jawab Tyrese Gibson? berikut saya capture screen tweetnya:

Tyrese Gibson Agama Islam

Tyrese dengan merasa tidak nyaman mengatakan dengan sopan “Not true love! Not True” atau terjemahannya ” tidak benar sayang, tidak benar”. Tak pelak lagi tweet Tyrese tersebut banyak dihujani hujatan maupun pujian netizen lainnya.

Sosok yang kedua yang menjadi bahan pembicaraan netizen terkait isu pindah agama adalah Lukman Sardi. Walaupun suka nonton film saya tidak mengenal siapa si Lukman Sardi ini, dalam benak saya ketika mendengar namanya sekilas saya pikir beliau hanya seorang pemain film FTV, namun alangkah terkejutnya saya ketika melihat profilnya di situs wikipedia yang menunjukan bahwa beliau telah bermain di lebih dari 40 film. Sebagian besar film yang diperankannya adalah film-film box office besar karya penulis dan sutradara terkenal seperti Laskar Pelangi, Gie, serta film-film yang diangkat dari buku karangan Andrea Hirata dan Dewi Lestari lainnya. Hebatnya lagi beliau telah bermain film Indonesia sejak tahun 1978 lho! film pertamanya adalah “Kembang-kembang Plastik”, berarti Lukman Sardie ini adalah seorang aktor senior meskipun umurnya serta penampilannya masih tampak muda.

Berdasarkan media-media Indonesia Lukman Sardie ini mulai mencuat namanya ketika memainkan peran Kiai Haji Ahmad Dahlan dalam film “Sang Pencerah” Karya Hanung Bramantyo pada tahun 2010 yang lalu. Dalam film tersebut Lukman memainkan sosok Ahmad Dahlan, sosok  yang dianggap mengajarkan aliran sesat, menghasut dan merusak kewibawaan Keraton dan Masjid Besar di Tanah Jawa, untuk detilnya Anda dapat menonton film Sang Pencerah.

Terlepas dari prestasinya yang luar biasa tersebut, pada awal Ramadhan beberapa hari yang lalu, muncul video Lukman di Youtube sedang memberikan kesaksian di salah satu Gereja Bethel Indonesia. Sebenarnya jika diteliti lebih jauh video tersebut sudah lama jadi bukan hal yang baru jadi kenapa sekarang malah besar-besar pemberitaannya?. Lucu sekali bukan?

Informasi yang di dapatkan bahwa Lukman Sardi ini sebenarnya menikah dengan istrinya Pricillia Pullunggono yang beragama Kristen Tahun 2009 yang lalu. Tidak jelas mereka menikah dengan cara apa? yang jelas di Indonesia tidak diperpebolehkan pernikahan beda agama, jadi asumsi yang didapatkan salah satu dari mereka telah berpindah keyakinan agar dapat melegalkan pernikahan mereka atau mereka menikah di luar negeri.

Lukman SardiLukman mengakui sendiri melalui video tersebut bahwa beliau sama sekali tidak terpengaruh terkait agama sang Istri apalagi untuk berpindah keyakinan karena menurut pengakuannya, beliau adalah sosok yang tidak mudah dipaksa dan dipengaruhi. untuk lebih lanjutnya Anda bisa menonton videonya di Youtube.

Yang menjadi pertanyaannya mengapa pemberitaan beliau berpindah keyakinan baru di ekspose besar-besaran sekarang? padahal berdasarkan informasi dari video tersebut dan perkiraan atas pernikahanya, Lukman telah berpindah keyakinan sekita 6-7 tahun yang lalu. Kemanakah media pada tahun 2009? padahal Lukman salah satu pemain film -film terkenal seperti “Sang Pemimpi” dan “Merah Putih” pada saat itu, mengapa malah di ekspose besar-besaran sekarang? apalagi di momen Ramadhan sekarang ini, ada apa? bahkan situs pribadi Lukman sendiri, Lukmansardi.com tidak bisa diakses lagi karena kelebihan bandwith pertanda banyaknya pengunjung yang datang dalam tempo yang dekat, mungkin banyak yang ingin mengetahui langsung respon dari sang aktor terkait permasalahan ini.

Apakah kita semua tidak curiga kalau ada sebenarnya oknum-oknum provokator yang sengaja menginginkan Indonesia itu tidak aman dengan pemberitaan ini?. Atau ada orang yang sengaja menaikan pemberitaan ini untuk menutup-nutupi masalah yang sedang digembar gemborkan media sekarang ini, secara pemberitaan perpindahan keyakinan selalu menjadi hot topik di media-media online. Oleh karena itu jangan terpancing! dan berhati-hatilah.

Kita ini semua bersaudara, terlepas dari adanya perbedaan agama, toh semua ajaran mengajarkan kebaikan jadi tidak ada yang satu yang benar dan yang lainnya sesat, jika ada yang mengatakan demikian maka sebenarnya dirinya tidak mencerminkan agama yang dianutnya. Agama adalah hal yang pribadi, tidak ada yang salah jika seseorang meyakini sesuatu yang berbeda dari kita, jika kita menginginkan orang untuk mengikuti kepercayaan yang kita anuti, maka kita harus menunjukan sikap dan pribadi yang mencerminkan agama kita tentunya hal-hal yang baik. Jika yang keluar hanya hujatan, makian dan saling menunjuk kesalahan masing-masing agama maka dengan kata lain kita tidak melaksanakan apa yang diperintahkan agama kita.

Manusia itu sebenarnya satu, namun kepercayaan telah mengkotak-kotakan mereka, bahkan menyebabkan banyaknya pertumpahan darah, apakah penting membicarakan kebenaran ketika dunia sangat membutuhkan kebaikan? hanya Tuhan yang dapat memutuskan kebenaran, tapi kebaikan dapat langsung dilihat dan dirasakan, mengapa kita tidak memulai kebaikan untuk kepentingan bersama dan menyerahkan kebenaran kepada Sang Pencipta?

Damailah Indonesiaku!

 

About the Author

Seorang Lawyer dan Auditor yang menguasai ilmu khusus seperti Tindak Pidana Korupsi, Penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Daerah, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Hibah Daerah /Bantuan Sosial

Author Archive Page

Comments

Leave a Reply