Peran BPKP, Karir, Kinerja dan Auditor

Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana Peran BPKP sebagai Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam melakukan tugas pengawasan intern serta karir, kinerja dan bagaimana. Sebenarnya ada 13 tugas dan fungsi BPKP sebagai pembina kepada APIP. Jadi di sini dapat diketahui bahwa BPKP juga harus melakukan pembinaan kepada APIP baik yang berada di Inspektorat Daerah maupun pusat.

Pada dasarnya tugas pelaksanaan Audit Intern di lingkungan instansi epemerintah hanya dapat dilakukan oleh Pejabat yang mempunyai tugas dalam melaksanakan pengawasan serta mempunyai kompetensi untuk melakukan audit yng diperoleh dari pelatihan-pelatihan yang diakui.

Strategi Pembinaan Audtor

Kompetensi – Kinerja – Karir ( tiga pilar yang saling terkait). Jabatannnya juga ada dua yaitu Jabatan Terampil (yang mentok 4 d) dan Jabatan ahli (mentok 4e). Jabatan terampil terdiri dari Audtor Pelaksana (2C dan 2, Pelaksanaan Lanjutan (, Penyeliaan (batas pangkat 3d). Sedangkan Jabatan Ahli Muda, Madya, Utama. Jabatan terampil juga bisa menjadi jabatan ahli dengan syarat lulus pendidikan S1, namun bukan naik pangkat, Audtor ahli bukan lanjutan dari Auditor terampil.

Pembebasan Sementara di BPKP

Kondisi ini dilakukan terjadi jika seorang Audtor tidak mengumpulkan angka kredit selama jangka waktu tertentu dengan jumlah tertentu. Jika mencapai 5 tahun tidak juga lagi mencukupi Auditor tersebut akan diberhentikan. Disamping itu jika berkasus hukum seorang Auditor (PNS) juga dapat dibebaskan sementara.

Kalau seorang sudah diberhentikan Audtor telah diberhentikan maka beliau tidak boleh kembali menjadi Audtor melainkan akan diangkat menjadi pegawai umum.

Pengangkatan Kembali Ke JFA (Karena Angka Kredit)

Batas Usia Pensiun Auditor

Bagi Audtor muda ke bawah = 58 tahun, sedangkan Madya dan Utama batas usia pensiunnya adalah 60 tahun

Angka Kredit

Yaitu adalah satuan nilai dan tiap-tiap butir-butir kegiatan yang harus dicapai oleh Auditor yang digunakan sebagai salah satu syarat untuk pengangkatan dan kenaiakn pangkat dalam jabatan Audtor

Tugas Limpah, Yaitu dalam kondisi ditugaskan menjadi ketua tim , dimana Angka kredit akan disesuaikan dengan perannya sebagai ketua tim.

Cara Perhitungan Satuan Angka Kredit

Jam kerja selama 4 tahun (5000 jam)

Sekian.

About the Author

Seorang Lawyer dan Auditor yang menguasai ilmu khusus seperti Tindak Pidana Korupsi, Penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Daerah, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Hibah Daerah /Bantuan Sosial

Author Archive Page

Comments

Leave a Reply