Pembukaan Diklat Penyusunan Peraturan Perundang-undangan dan Analisa Kontrak Bagi Pegawai BPKP

Setelah mengikuti Diklat Prajabatan dan Diklat Pembentukan Auditor Ahli JFA, saya selaku calon Audtor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan berkesempatan untuk mengikuti Diklat yang selanjutnya. Kali ini diklat yang saya ikuti adalah Diklat Penyusunan Peraturan Perundang-undangan dan Analisa Kontrak Bagi Pegawai di Lingkungan BPKP. Dari namanya sudah jelas sekali bahwa yang mengikuti diklat ini adalah Sarjana Hukum yang bekerja di BPKP baik itu di pusat (Biro Hukum dan Deputi Investigasi), maupun di Perwakilan-perwakilan BPKP lainnya.

Pembukaan Diklat dilakukan oleh Kepala Biro Hukum dan Humas sendiri, yang dalam hal ini juga ikut berpartisipasi sebagai peserta. Karena banyak diklat lain yang dimulai di Pusdiklatwas BPKP ini, maka pembukaan diklat ini disatukan dengan Diklat yang lain.

WP_20150622_001

Banyak hal yang positif yang saya dapat dari Diklat kali ini, selain mendapatkan ilmu mengenai penyusunan peraturan perundang-undangan dan analisis kontrak, saya juga mengenal orang-orang baru yang berlatar belakang sarjana hukum di lingkungan BPKP. Sebagian besar bekerja di Kantor pusat, namun banyak juga yang berasal dari perwakilan, jadi menambah teman-teman yang baru. Selain itu saya juga dapat berbagi ilmu melalui forum diskusi bersama petinggi-petingi BPKP dan teman-teman auditor lainnya. Sebagai calon auditor, penting untuk menambah ilmu sebanyak-banyaknya sebagai bekal nantinya dalam bekerja.

WP_20150622_002

Hal yang membuat saya terkejut adalah mengetahui fakta bahwa sebenarnya Auditor atau jabatan lain yang berlatar belakang Sarjana Hukum itu sangat sedikit bahkan kalau saya bilang bisa dihitung, saya tidak yakin apakah dalam diklat ini semua SH hadir, kalau iya berarti BPKP di perwakilan baik untuk jabatan Auditor dan lainnya penting untuk direkrut.

WP_20150622_005

Dalam diklat ini saya juga mendapatkan “perlengkapan” yang diberikan oleh panitia yang terdiri tas, modul-modul pendukung dan badge nama. Tidak seperti diklat-diklat yang lalu, diklat kali ini tidak disediakan air minum di dalam kelas karena mungkin masih dalam suasana puasa, namun coffe break, sarapan dan makan siang tetap disajikan bagi mereka yang tidak berpuasa, jadi nothing to lose, he…he..he.

Jadwal diklat ini juga tergolong sederhana, karena program senam dan apel sebagaimana terdapat pada diklat-diklat sebelumnya ditiadakan, jadi bisa lebih istirahat dan belajar.

Sekian dan selamat belajar!

About the Author

Seorang Lawyer dan Auditor yang menguasai ilmu khusus seperti Tindak Pidana Korupsi, Penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Daerah, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Hibah Daerah /Bantuan Sosial

Author Archive Page

Comments

Leave a Reply