Pembukaan Diklat Jabatan Fungsional Auditor BPKP 2015

Genap sudah 2 bulan saya bekerja di BPKP dihitung dari berakhirnya Diklat Prajabatan BPKP 2015 Maret lalu, setelah melalui Diklat Matrikulasi, Diklat yang selanjutnya harus dilalui oleh setiap calon Auditor agar dapat diangkat menjadi Auditor. Perlu Anda ketahui bahwa menjadi Auditor itu adalah sebuah profesi yang sama halnya dengan Advokat, Dokter, Polisi dan profesi lainnya yang dalam pelaksanaan tugasnya harus memenuhi standar tertentu dan mempunyai kompentensi tertentu. Nah, sehubungan dengan kompetensi tujuan dari Diklat JFA ini pada dasarnya adalah untuk meningkatkan kompetensi setiap perserta agar dapat diangkat menjadi Auditor.

Pembukaan Diklat JFA Tahun 2015 bisa dikatakan “biasa saja” jika dibandingkan dengan pembukaan diklat prajabatan BPKP Tahun 2015, dimana meskipun sedikit dispilin tata cara pembukaannya sangat terasa sekali, mulai dari sikap duduk, pelaporan dan lain sebagainya. Tapi yang kurang memang kemeriahan sebagaimana yang ada pas diklat pembukaan prajab, karena mungkin semua sudah pada mengenal satu sama lainnya kali ya..he..he..he

Sebagaimana yang telah direncanakan, pembukaan akan dilakukan oleh Sekretaris Utama Ibu Meidya Indraswari. Pembukaan Diklat JFA ini digabungkan dengan Diklat dari instansi lain, bedanya kalau biasanya Diklat JFA dilakukan selama kurang lebih 1 bulan, Diklat lain hanya berlangsung selama 3 hari.

Sebagai informasi dalam Diklat JFA nanti akan dipelajari beberapa mata kuliah yaitu sebagai berikut:

  1. Manajemen Pemerintah Pusat
  2. Manajemen Pemerintah Daerah
  3. Kode Etik dan Standar Audit
  4. Komunikasi Audit Intern
  5. Audit Intern (Audit Kinerja, Audit Ketaatan, Audit Investigasi, Reviu, Evaluasi)

Permulaan Diklat diawali dengan seminar mengenai Gratifikasi dan penjelasan mengenai Audit, Auditor dan Karir di BPKP. Selain itu di sela-sela diklat mata kuliah, akan dilaksanakan Outbond yang berupa Flying Fox , Paint Ball dan sebagainya.

Pembukaan kali ini tentunya menjadi semangat baru bagi para calon Auditor Presiden, namun maaf belum ada foto-foto pendukung..he..he…he.. Selamat belajar.

About the Author

Seorang Lawyer dan Auditor yang menguasai ilmu khusus seperti Tindak Pidana Korupsi, Penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Daerah, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Hibah Daerah /Bantuan Sosial

Author Archive Page

Comments

Leave a Reply