Nilai Passing Grade (Ambang Batas) TKD CPNS 2014

Nilai Passing Grade (Ambang Batas) TKD CPNS 2014 – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah mengeluakan Passing Garde atau Nilai Ambang Batas untuk Tes Kemampuan Dasar dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2014. Adapun Nilai ambang batas Tes Kompetensi Dasar adalah nilai minimal yang harus dipenuhi oleh setiap peserta ujian seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil untuk dapat diangkat menjadi CPNS ataupun lanjut ke tahap berikutnya.

Selanjutnya, berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 29 Tahun 2014 Tentang Nilai Ambang Batas Tes Kompetensi Dasar Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2014 telah ditentukan Ambang batas atau Passing Grade yang harus dipenuhi oleh setiap peserta ujian CPNS Tahun 2014 agar dapat lulus atau mengikuti tahapan selanjutnya yaitu:

Nilai ambang batas Tes Kompetensi Dasar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2014, ditetapkan berdasarkan kriteria sebagai berikut :

  1. 72 % dari nilai maksimal (175) Tes Karakteristik Pribadi dengan jumlah soal 35,
  2. 50 % dari nilai maksimal (150) Tes Intelegensia Umum dengan jumlah soal 30,
  3. 40 % dari nilai maksimal (175) Tes Wawasan Kebangsaan dengan jumlah soal 35.

Nilai Passing Grade (Ambang Batas) TKD CPNS 2014Jika kita melihat besaran Passing Grade yang dikeluarkan oleh Kemepan RB ini mengalami peningkatan dari jumlah nilai Passing Grade yang ditentukan dalam seleksi CPNS Tahun 2013 kemarin. Adapun perubahan satu-satunya terjadi pada jumlah ambang batas untuk bagian Tes Karakteristik Pribadi (TKP) yang mengalami peningkatan dari 105 menjadi 126, atau meningkat sebanyak 21 atau sekita 5%. Adapun alasan Pihak Kemenpan RB meningkatkan nilai TKP karena sejak tahun-tahun sebelumnya belum ada satupun peserta yang gagal memenuhi ambang batas unuk Nilai TKP yang ditetapkan yaitu 105, oleh karena itu harus ditingkatkan.

Adapun pertanyaannya kemudian adalah berapa jumlah soal yang harus dijawab benar agar dapat lulus Passing Grade untuk Ujian CPNS Tahun 2014 ini? Well, daoat ditentukan bahwa jumlah soal yang harus dijawab benar agar lulus Passing Grade adalah sebagai berikut:

  1. Test Wawasan Kebangsaan : 40% dari 30 soal jadi yang harus dijawab benar adalah 14 soal
  2. Test Intelegensi Umum : 50% dari jumlah total soal 30, jadi yang harus dijawab benar adalah 15 soal;
  3. Test Karakteristik Pribadi : 72% dari jumlah total soal 40 soal, jadi yang harus dijawab benar (dengan porsi nilai 5) adalah sekitar 26 soal.

Selanjutnya ditentukan bahwa setiap peserta ujian seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil dinyatakan yang memenuhi nilai ambang batas Tes Kompetensi Dasar dapat mengikuti tahap seleksi selanjutnya seperti Tes Kemampuan Bidang (TKB), Tes Kesehatan, Tes Kebugaran, Tes Bahasa Inggris dan Wawancara.

Silahkan download peraturannya di sini.

Nah, yang sudah ujian apakah Anda lulus ambang batas TKD?

About the Author

Seorang Lawyer dan Auditor yang menguasai ilmu khusus seperti Tindak Pidana Korupsi, Penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Daerah, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Hibah Daerah /Bantuan Sosial

Author Archive Page

Comments

Leave a Reply