Mau Lulus Ujian CPNS Dengan Mudah? Daftar Ke Instansi-Instansi Yang Sepi Peminat Ini!

Mau Lulus Ujian CPNS Dengan Mudah Daftar Ke Instansi-Instansi Yang Sepi Peminat IniInstansi-instansi Yang Sepi Pendaftar CPNS – Sistem pendaftaran single entry yang mempersyaratkan seorang pelamar hanya dapat melamar pada satu Instansi saja akhirnya berdampak buruk terhadap komposisi pelamar / peminat pada instansi-instansi tertentu. Seperti yang kita ketahui per tanggal 10 September ini telah ada lebih dari 10 Instansi yang telah melakukan penutupan pendaftaran sedangkan sisanya diperkirakan akan menutup total pendaftaran kurang lebih 12 hari kemudian. Namun sayangnya sampai saat ini, hanya Kementerian Keuangan yang dibanjiri oleh Pelamar CPNS yaitu sebanyak 134.668 pelamar, melebihi dari jumlah lowongan formasi yang disediakan yaitu 9000 formasi. Selanjutnya Badan Narkotika Nasional (BNN) mengikuti di posisi kedua dengan jumlah pelamar 36.637 orang berbanding fantastis dengan jumlah lowongan formasi yang disediakan yang hanya sebanyak 393 kursi. Di Posisi ketiga dipegang oleh Kementerian Kesehatan yang diminati oleh 35.637 pendaftar, namun jumlah ini akan dapat bertambah karena khusus untuk Kemenkes pendaftaran akan dibuka sampai tanggal 15 September ke depan. Namun sayangnya bertolak belakang dengan banjirnya peminat masing-masing Instansi di atas, tidak diikuti oleh beberapa Instansi-Instansi lainnya. Bahkan diantara Instansi-instansi yang tidak diminati tersebut pernah menjadi favorit dalam perhelatan seleksi CPNS Tahun-tahun sebelumnya. Apa-apa sajakah instansi tersebut? berikut daftarnya:

1. Kementerian Luar Negeri (Kemenlu)

Kemenlu mungkin salah satu korban yang paling parah dari banyaknya pelamar yang mendaftar di Kementerian Keuangan tahun ini, sebagai informasi sampai dengan saat ini Kemenlu “hanya” memperoleh kurang dari 1600 pelamar jumlah yang sangat sedikit sekali jika dibandingkan jumlah pelamar tahun lalu yang sempat mencatat rekor 50.000 lebih pelamar lebih. Disamping itu 85% dari pelamar tersebut adalah untuk lowongan PDK atau diplomat, Sedangkan untuk posisi lainnya seperti Pengadministrasi Keuangan , Pengadministrasi Anggaran , Verifikator Keuangan dan Bendahara sangat sepi peminat. Adapun yang paling parah adalah posisi Bendahara yang sampai saat ini (6 hari menjelang penutupan pendaftaran) hanya dilamar kurang dari 20 orang . Berikut daftar pelamar CPNS Kemenlu per tanggal 10 September 2014.

KemenluSelain itu, Saking “tidak lakunya” lowongan yang disediakan oleh mereka, Kemenlu harus mengiklankan lowongan-lowongannya di portal-portal berita seperti detik.com, merdeka.com dan lain sebagainya. Padahal kalau kita lihat pada seleksi tahun-tahun sebelumnya, kemenlu ini adalah salah satu instansi yang paling favorit, termasuk top 3 yang paling favorit yang diincar oleh pelamar-pelamar CPNS. Tercatat lebih dari 50.000 pelamar Kemenlu tahun lalu dan merata disetiap posisi. Namun tahun ini tampaknya Kemenlu gagal total menarik perhatian para peminat.

Adapun terdapat beberapa faktor mengapa lowongan CPNS Kemenlu sepi peminat tahun ini, yang pertama adalah pernyataan Kemenlu yang sebelumnya menyatakan tidak membuka lowongan formasi CPNS untuk Tahun 2014, hal ini menyebabkan para pelamar menghapuskan Kemenlu dari radar incaran mereka. Namun pada tanggal 26 Agustus kemarin tiba-tiba di portal Panselnas, lowongan formasi untuk Kemenlu dibuka, namun sayang pada saat itu kebanyakan pelamar telah melakukan registrasi untuk instansi lainnya sebagian besar tentunya Instansi Kementerian Keuangan. Hal itu diperparah lagi dengan sistem single entry yang diterapkan dalam seleksi CPNS tahun ini yang mempersyaratkan bahwa seseorang hanya dapat melamar 1 Instansi saja, sehingga dengan kata lain pelamar yang telah mendaftar di satu instansi tidak dapat lagi mendaftar di instansi lainnya.

2. Kementerian ESDM

Nah, yang satu ini sebenarnya juga merupakan favorit diantara lainnya, mungkin karena berhubungan langsung dengan ekploitasi sumber daya alam dan pertambangan. Namun sayangnya 6 hari menjelang penutupan Pendaftaran, jumlah Pendaftar di Kementerian ESDM masih berupa puluhan, bahkan ada lowongan yang belum ada ada peminat sama sekali. Kemungkinan sepinya peminat Kementerian ESDM ini sama dengan yang dialami oleh Kemenlu, yaitu kalah bersaing dengan Kementerian Keuangan dalam menarik peminat pendaftar dan dampak peraturan single entry yang diterapkan tahun ini.

3. Kementerian Perdagangan

Berdasarkan pengamatan saya jumlah pelamar di Kementerian Perdagangan untuk masing-masing lowongan itu dilamar tidak lebih dari 30 pendaftar untuk setiap posisinya. Adapun sedikitnya pendaftar di Kementerian Perdagangan lebih disebabkan pada persyaratan pendaftaran yang dinilai terlalu berlebihan seperti score TOEFL 550 lebih. Namun sayangnya pendaftaran untuk Instansi ini sudah ditutup pada tanggal 9 September kemarin.

3. Pemerintahan Kabupaten Halmahera Selatan

Nah bagi yang berminat mengabdi kepada negara di Pemerintahan Daerah, mungkin ini salah satu solusinya. Sampai dengan saat ini ( 10 hari menjelang penutupan pendaftaran ) lowongan Pemerintahan Kabupaten Halmahera Selatan yang berjumlah 112 posisi hanya diminati oleh 5 Pendaftar, oleh karena itu masih banyak posisi yang belum dilamar. Mungkinkah ini kesempatan Anda?

4. Pemerintahan Kabupaten Halmahera Barat

Satu lagi Pemerintahan Daerah yang sepi peminat dalam perhelatan penerimaan CPNS Tahun ini adalah Pemerintahan Kabupaten Halmahera Barat yang hanya didaftar kurang lebih dari 7 pelamar. Padahal Pemerintahan Kabupaten Halmahera Barat menyediakan lebih dari 114 kursi lowongan lho!

5. Pemerintahan Bolaang Mangondoow (Sulawesi Utara)

Sampai dengan saat ini menjelang 8 hari penutupan Pendaftaran lowongan CPNS untuk Pemerintahan Bolaang Mangondoow hanya diminati tidak lebih dari 12 pendaftar, padahal Pemerintah Daerah ini menyediakan lebih dari 42 kursi lowongan. Apakah ini kesempatan yang Anda tunggu-tunggu?

Ayo , apa yang Anda tunggu lagi segera “sikat” instansi-instansi yang sepi peminat tersebut! banyak keuntungan yang Anda peroleh dengan mendaftar Instansi-instansi tersebut, yang pertama adalah sedikitnya jumlah saingan, dengan sedikitnya jumlah saingan maka peluang Anda untuk mendapatkan “kursi panas” semakin besar. Bahkan jika alang melintang ada satu atau dua posisi yang tidak diminati sama sekali, kalau sudah begitu saingan Anda adalah diri Anda sendiri, artinya Anda hanya perlu lulus TKD untuk men-secure kursi CPNS yang diperebutkan , mudah sekali bukan? sebenarnya kejadian seperti ini bukan tidak pernah terjadi, tahun lalu banyak kejadian posisi CPNS tidak ada pendaftarnya sama sekali. Hal ini tentunya menjadi peluang bagi sebagian orang.

Selamat berjuang!

About the Author

Seorang Lawyer dan Auditor yang menguasai ilmu khusus seperti Tindak Pidana Korupsi, Penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Daerah, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Hibah Daerah /Bantuan Sosial

Author Archive Page

Comments

Leave a Reply