Kendaraan Umum Menuju STAN Bintaro Sektor V, Tangerang Selatan

Picture Source : www.oto-id.com

Picture Source : www.oto-id.com

Kendaraan Umum Menuju STAN Bintaro Sektor V – Semalam saya dan teman-teman sekampus pergi melakukan verifikasi berkas dan mengambil Tanda Peserta Ujian (TPU) untuk perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Keuangan Tahun 2014. Sebelumnya tidak menyangka juga bahwa saya dapat lulus dari seleksi Administrasi mengingat banyaknya orang yang melamar pada Kementerian yang selalu menjadi favorit dalam perhelatan rekrutmen CPNS saban tahunnya. Kementerian Keuangan sendiri dilamar lebh dari 134.000 orang yang memperebutkan 9000 kursi yang merata di setiap departemen Kementerian Keuangan. Sebuah angka yang fantastis jika dibandingkan dengan Kementerian-kementerian lainnya yang membuka lowongan CPNS Tahun ini.

Kembali ke pengambilan TPU, awalnya saya sangat bingung dan cemas karena tempat pengambilan TPU sekaligus verifikasi dokumen ini dilakukan di luar Jakarta. Padahal dalam pengumumannya Kemenkeu selalu mengatakan bahwa Ujian dan pengambilan TPU akan dilakukan di Ibukota negara. Terbukti pada lembar pengumuman yang dikeluarkan oleh Kemenkeu Senin lalu tercantum bahwa kedua kegiatan tersebut dilakukan di Sekolah Tinggi Akuntasi Negara (STAN) Sektor V yang terletak jauh di selatan Tangerang spesifiknya di kawasan Bintaro, Provinsi Jawa Barat. Sepertinya jika dilihat dari ilmu Geografi,  Bintaro, Tangerang bukanlah terletak di kota Jakarta, mungkin yang dimaksud mereka adalah Jabodetabek atau Jakarta Raya tidak spesifik Kota Jakarta saja. Bagi mereka yang sering melalangbuana ke kawasan Jabodetabek mungkin tidak akan masalah mencari kendaraan umum untuk sampai di tujuan namun bagi saya yang jarang keluar Jakarta tentunya akan menjadi masalah tersendiri. Apalagi dalam proses pengambilan TPU dan verifikasi dokumen ini tidak diperbolehkan membawa kendaraan Pribadi karena tempat parkir tidak ada, meskipun begitu saya perhatikan banyak juga yang membawa mobil dalam proses ini.

Nah, pada selasa kemarin bela-belain dah minta cuti kerja pada atasan dengan alasan mengurus dokumen yang penting, pagi-pagi sekali saya bangun dan meriset di internet mengenai Rute Kendaraan Umum Menuju STAN Bintaro Sektor V dan saya menemukan dua situs yang membahas topik yang diinginkan yaitu Rute Menuju Kampus STAN, Jln. Bintaro Utama Sektor 5, Tangerang Selatan yang ditulis oleh Dauroh Akbar (kemungkinan besar orang internal STAN), Rute Menuju Kampus STAN Bintaro yang ditulis alumni STAN, dan Rute Ke Kampus STAN karya Ikatan Mahasiswa Pare.

Menurut saya ketiga informasi yang disajikan dalam ketiga situs tersebut baik dan sangat bermanfaat namun sayangnya informasi yang disediakan ada yang tidak akurat atau tidak update karena terdapat beberapa kendaraan yang sudah tidak beroperasi lagi atau tidak melalui rute tersebut lagi. Sebagai contoh Angkot C09 sudah tidak lagi beroperasi di Terminal Lebak Bulus atau Bus Deborah yang kata orang Terminal Lebak Bulus sudah menghentikan pengoperasiannya dua tahun lalu (namun yang ini saya belum pasti soalnya pernah lihat juga Bus tersebut tahun lalu).

Berikut Rute Kendaraan Umum Menuju STAN Bintaro Sektor V yang update dan akurat:

1. Dari Jakarta Selatan

a. Kuningan / Senen / Ragunan

  • Silahkan Naik Kopaja P.20 jurusan Lebak Bulus, selanjutnya setelah tiba di Terminal Lebak Bulus, silahkan naik Angkutan Umum 08 yang berwarna merah ke arah Bintaro, bilang pada supir angkot tersebut kalau Anda mau ke Kampus STAN oleh karena itu mohon diturunin di persimpangan dimana Angkot C09 dan D09 berhenti. Selanjutnya silahkan naik Angkot Bewarna Putih C09 atau D09 ke arah STAN.

b. Tanah Abang

  • Silahkan Naik Kereta Api jurusan Serpong lalu turun di Stasiun Pondok Ranji. Keluar dari Stasiun Pondok Ranji, silahkan naik angkutan kota (angkot) D09 jurusan Sektor 9 Bintaro, turun kampus STAN. Bilang sama supirnya turunin di depan STAN.

2. Dari Jakarta Timur

  • Dari Terminal Bus Pulogadung silahkan naik Bus/Bis PPD Patas P20 Pulo Gadung – Lebak Bulus. Selanjutnya dari Terminal Lebak Bulus, silahkan ikuti rute Jakarta Selatan 1.a poin pertama di atas.
  • Dari Terminal Bus Pulogadung, silahkan naik Bus Mayasari Bakti R57 jurusan Pulo Gadung – Blok M. Dari Blok M silahkan naik kopaja 613 turun di Masjid Ulujami’. Selanjutnya dari Masjid Ulujami’ naik angkutan kota (angkot) D09 atau C09 jurusan Sektor 9 Bintaro, turun kampus STAN.

3. Dari Jakarta Barat

a. Slipi/ S. Parman/ Senayan / Latumeten/Tubagus Angke/Jembatan Lima/Mangga Dua/ Kota

Silahkan naik Bus KOPAJA B 86 arah Kota – Terminal Lebak Bulus. Dari Terminal Lebak Bulus, silahkan naik Angkutan Umum 08 yang berwarna merah ke arah Bintaro, bilang pada supir angkot tersebut kalau Anda mau ke Kampus STAN oleh karena itu mohon diturunin di persimpangan dimana Angkot C09 dan D09 berhenti. Selanjutnya silahkan naik Angkot Bewarna Putih C09 atau D09 ke arah STAN.

Atau bisa juga Naik Bus MAYASARI AC PAC 69, METROMINI S 618 atau METROMINI  S 74 ke arah Blok M. Selanjutnya dari Terminal Blok M naik kopaja 613 bilang kalau Anda mau turun di Masjid Ulujami’. Lalu dari Masjid Ulujami’ silahkan naik angkutan kota bewarna putih D09 atau C09 jurusan Sektor 9 Bintaro, bilang mau turun di kampus STAN.

b. Kebon Jeruk / Jembatan Tol/ Penjara Wanita / Kelapa Dua/ Puri Kembangan / Raya Kembangan/ Duri Kesambi/ Daan Moogot/ Kalideres

Silahkan naik Bus PPD AC PAC 01 ke arah Lebak Bulus, selanjutnya dari Terminal Lebak Bulus silahkan naik Angkutan Umum 08 yang berwarna merah ke arah Bintaro, bilang pada supir angkot tersebut kalau Anda mau ke Kampus STAN oleh karena itu mohon diturunin di persimpangan dimana Angkot C09 dan D09 berhenti. Selanjutnya silahkan naik Angkot Bewarna Putih C09 atau D09 ke arah STAN.

4. Jakarta Pusat

  • Silahkan naik kendaraan apa saja ke Stasiun Gambir, dari Stasiun Gambir silahkan naik bus PPD no.42 jurusan blok M, dari blok M naik kopaja 613 turun di Masjid Ulujami’. Selanjutnya dari Masjid Ulujami’ naik angkutan kota (angkot) D09 atau C09 jurusan Sektor 9 Bintaro, turun kampus STAN.

5. Dari Depok

  • Silahkan naik kendaraan apa saja ke Terminal Depok, selanjutnya dari terminal tersebut silahkan naik Angkutan Umum D-128 menuju Terminal Lebak Bulus. Dari Terminal Lebak Bulus silahkan ikuti rute Jakarta Selatan 1.a poin pertama di atas.
  • Dari Terminal Depok Naik Bus DEBORAH ke Terminak Lebak Bulus.  Selanjutnya daru Dari Terminal Lebak Bulus, ikuti cara dari Jakarta Selatan 1.a Poin pertama di atas. Namun yang perlu diketahui Bus Deborah ini sudah jarang muncul oleh karena itu jika terlalu lama Anda menunggu lebih baik pilih rute yang lain saja.
  • Naik KRL ke Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan. Selnjutnya silahkan transit naik KRL dengan tujuan Tanah Abang. Dari Stasiun Tanah Abang sambun dengan naik KRL Tujuan Serpong, lalu turun di Stasiun Pondok Ranji. Dari Stasiun Pondok Ranji, jalan ke Jalan Bintaro Utama (sekitar 200 m). Naik Angkot D09 Putih atau C09 arah STAN Bintaro.

6. Dari Bogor

  • Silahkan naik kendaraan umum apa saja ke Terminal Baranangsiang, lalu dari Terminal tersebut Anda harus naik Bus Agra Mas tujuan Lebak Bulus. Dari Lebak Bulus, ikuti cara dari Jakarta Selatan Nomor 1.a di atas.
  • Silahkan naik Kereta Api Jurusan Bogor-Tanah Abang, selanjutnya ikuti alur rute Nomor 5 Dari Depok Poin ketiga di atas.

7. Dari Bekasi

  • Naik Bus Patas AC 132 jurusan Bekasi – Terminal Lebak Bulus. Dari Terminal Lebak Bulus silahkan ikuti rute Jakarta Selatan 1.a poin pertama di atas.
  • Naik bus Bekasi – Blok M P-27 atau AC 05. Dari Terminal Blok M silahkan ikuti rute Jakarta Selatan 1.a poin pertama di atas.
  • Naik dari Terminal/Tol Timur, Agra Mas Jurusan Bekasi – BSD. Turun di Veteran. Terus naik Angkot C09 putih, bilang turun di gerbang STAN.

8. Dari Bandara Soekarno Hatta (Cengkareng)

Silahkan naik Bus Damri jurusan blok M, selanjutnya dari Blok M naik kopaja 613 bilang kalau Anda mau turun di Masjid Ulujami’. Lalu dari Masjid Ulujami’ silahkan naik angkutan kota bewarna putih D09 atau C09 jurusan Sektor 9 Bintaro, bilang mau turun di kampus STAN.

Apabila rute di atas tidak melewati tempat tinggal Anda, maka Anda dapat melihat seluruh trayek yang beroperasi di Jakarta baik itu melalui Kopaja, Angkot maupun Bus Transjakarta melalui portal trayek kendaraan umum di sini.

Demikianlah pembahasan mengenai Kendaraan Umum Menuju STAN Bintaro Sektor V, Tangerang Selatan, semoga bermanfaat untuk Anda semua.

About the Author

Seorang Lawyer dan Auditor yang menguasai ilmu khusus seperti Tindak Pidana Korupsi, Penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Daerah, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Hibah Daerah /Bantuan Sosial

Author Archive Page

Comments

2 Comments

Leave a Reply