Izin Gangguan Untuk Gedung Perkantoran

Selamat Siang, saya ingin bertanya apakah dalam menjalankan usaha di Gedung Perkantoran memerlukan Izin Gangguan (HO)? Terima Kasih.

Larasati – Bandung

Jawaban:

Berdasarkan Peraturan-peraturan Izin Gangguan yang berlaku saat ini yaitu Hinder ordonnantie No. S. 1926-226 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor  27 Tahun 2009, dapat saya sampaikan bahwa suatu tempat usaha yang wajib mempunyai Izin Gangguan apabila pengoperasian tempat tersebut dapat menimbulkan bahaya, kerugian dan gangguan . Adapun Kriteria Gangguan tersebut terdiri dari: (Permendagri Nomor 27/2009):

  1. Gangguan Lingkungan : yaitu meliputi gangguan terhadap fungsi tanah, air tanah, sungai, laut, udara dan yang bersumber dari getaran dan atau gangguan kebisingan;
  2. Gangguan Sosial Kemasyarakatan :  yaitu meliputi gangguan yang mengancam kemerosotan moral dan atau ketertiban umum;
  3. Gangguan Ekonomi : yaitu meliputi gangguang terhadap penurunan produksi usaha masyarakat sekitar dan penurunan nilai ekonomi benda tetap dan benda bergerak yang berada di sekitar lokasi usaha

Adapun Hinder Ordonantie S. 1926-226 memberikan tempat-tempat yang wajib mempunyai Izin Gangguan yaitu bangunan-bangunan yang berfungsi sebagai pabrik dan menimbulkan gangguan seperti tempat pembuatan bahan-bahan kimia, tempat penyulingan bahan-bahan yang berasal dari tanaman, tempat-tempat yang digunakan untuk memperoleh, mengolah dan menyimpan hasil pengolahan yang mudah habis dan lain-lain sebagainya.

Sehingga kesimpulan yang didapatkan untuk menentukan suatu tempat usaha wajib memiliki Izin Gangguan atau tidak, harus terlebih dahulu dilakukan kunjungan langsung dan menganalisa apakah pengopeasian tempat tersebut menimbulkan gangguan-gangguan sebagaimana dijelaskan dalam kriteria gangguan di atas. Namun dalam praktek dan pengalaman saya untuk gedung-gedung perkantoran tidak memerlukan Izin Gangguan (Izin HO), kecuali dalam gedung tersebut dapat dibuktikan terdapat Gudang penyimpanan bahan-bahan berbahaya di dalamnya sehingga jika beroperasi akan menimbulkan Gangguan Lingkungan, Gangguan Sosial Kemasyarakatan ataupun Gangguan Ekonomi.

Meskipun tidak memerlukan Izin Gangguan, Dalam prakteknya untuk kawasan Gedung Perkantoran, peran dari “Izin Gangguan” tersebut sebenarnya sudah tercakupi dalam Surat Izin Tempat Usaha (SITU), sehingga dengan demikian apabila Anda sudah mempunyai SITU, Anda tidak perlu lagi mengurus dokumen Izin Gangguan (Ini).

Demikianlah penjelasan saya. Semoga Bermanfaat.

About the Author

Seorang Lawyer dan Auditor yang menguasai ilmu khusus seperti Tindak Pidana Korupsi, Penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Daerah, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Hibah Daerah /Bantuan Sosial

Author Archive Page

Comments

1 Comment

  1. Selamat sore, mengenai UUG/HO , saya ingin bertanya lebih lanjut. Saya mau memproses IUT (Izin Usaha Tetap) dibutuhkan UUG, sedangkan Gedung tempat saya sewa tidak ada UUG. Apakah itu berarti saya harus buat UUG sendiri? Sedangkan saya hanya menyewa tempat di Gedung tsb. Apakah ada pengganti dari UUG untuk kasus saya?

Leave a Reply