Hari Pertama Diklat Prajabatan CPNS BPKP 2015

Hari pertama Diklat Prajabatan CPNS BPKP 2015 dimulai pada tanggal 22 Februari 2015, sebenarnya menurut jadwal yang ditetapkan diklat prajabatan ini baru akan dimulai pada tanggal 23 Februari 2015, namun karena seluruh peserta sudah harus hadir di tempat maka kegiatan dimulai pada tanggal 22  Februari 2015, sehingga oleh karena itu setiap peserta harus hadir di Kampus Diklat BPKP di Ciawi, Bogor sehari sebelum pembukaan Diklat Prajabatan dimulai. Banyak juga barang yang saya bawa untuk Diklat kali ini mulai dari sepatu 4 pasang, baju putih,celana hitam panjang, celana training, kaos, baju hari-hari yang masing-masing 4 stel dan juga gitar kesayangan saya.

WP_20150222_050

Latihan Pembukaan Diklat Prajabatan CPNS BPKP 2015

Adapun untuk menuju ke Ciawi rombongan peserta meminjam Bus BPKP dimana masing-masing peserta dikenakan biaya sebesar 30 ribu rupiah. Sebenarnya setiap peserta diberikan keleluasaan untuk pergi dengan menggunakan kendaraannya masing-masing namun karena saya tidak ada teman untuk pergi menggunakan kendaraan lain maka saya putuskan untuk ikut serta rombongan dengan menggunakan Bus BPKP. Ukuran Busnya sih sederhana namun karena jarak dari Kantor BPKP ke Ciawi dekat banyak dari teman-teman yang kecewa merasa bahwa perjalanannya kurang, tapi karena saya pernah ke Ciawi saya ngakak aja melihat teman-teman yang merasa bahwa perjalanan kali ini merupakan perjalan jauh yang patut diselebrasikan.

Sesampai di Ciawi keadaan mulai Chaos, karena peserta disuruh untuk registrasi kamar, banyak dari mereka yang senang karena satu kamar, banyak juga yang ingin pindah karena tidak mau pisah dari teman dekatnya. Saya satu kamar dengan teman yang saya temui pertama kali yaitu Ain Muharrir dan satu lagi yang belum saya kenal sebelumnya Aditya Muhammad. Keduanya sangat menyenangkan dan tidak kaku kalau untuk diajak bicara. Sebenarnya saya bisa saja meminta pindah dengan teman dekat saya namun hal itu saya urungkan karena menurut saya penting satu kamar dengan orang yang kita belum kenal atau belum dekat sebelumnya dari pada satu kamar dengan orang sememangnya sudah dekat dengan kita. Hal ini agar pergaulan semakin luas dan kedekatan dengan teman-teman seangkatan lebih dekat, sehingga relasi tidak hanya sebatas dengan orang-orang itu saja. Namun sayangnya tidak semua yang merasa demikian, menurut mereka kenyamanan adalah nomor satu.
Selanjutnya setelah selesai registrasi kami diperbolehkan untuk melihat kamar kami masing-masing, saya dan kedua teman saya menempati kamar B 407, pada dasarnya kamarnya luar biasa mewah kalau saya bilang karena fasilitasnya sudah menyerupai hotel kelas Chrone, ada AC, balkon, TV (walaupun rusak) , kamar mandi 2 buah, lemari 3 buah dan beberapa meja belajar. Dalam pemikiran saya kalau begini Diklat 1 bulan pun saya mau karena nyaman sekali untuk saya bawa gitar sehingga bisa nyanyi di Balkon sambil memandangi Gunung Salak he…he..he.

Setelah selesai mengitari Asrama dan jalan-jalan keluar kami disambut dengan  Pak Massa yaitu wali kami selama di Ciawi, beliau merupakan seorang Korps, walaupun kelihatannya tegas namun Bapak ini merupakan seseorang yang baik. Kami diberikan arahan dan diberitahukan bahwa diklat yang akan dilaksanakan bersifat Semi Militer, kalau dengar kata Militer pasti orang-orang pada ketakutan, saya juga sih secara Ayah saya seorang Angkatan Laut dan sangat tegas, bisa dibayangkan apa yang akan terjadi nantinya.

Sesudah Maghrib kami disuruh makan di tempat yang disediakan, menurut saya makanan yang disediakan sungguh lezat dan nikmat karena mungkin gratis kali ya he…he..he,, tapi karena saya baru makan sore harinya,nafsu makan saya berkurang. Tapi tak apa-apa masih ada hari esok  he,,,he,,he
Kegiatan kami ditutup dengan gladi resik untuk acara pembukaan besok, kami diajarkan bagaimana duduk yang baik ala militer dan persiapan foto. Semuanya berjalan lancar meskipun rada ngantuk karena mengikutinya, bahkan ada teman saya yang ketiduran,,

Keseluruhan hari pertama sungguh menyenangkan karena sungguh terasa kekeluargaannya. Banyak teman seangkatan yang sebelumnya tidak begitu kita kenal justru makin dekat berkat adanya Diklat. Bahkan ada orang yang waktu masih magang di BPKP bersikap negatif terhadap saya berubah menjadi baik, saya tak tahu alasannya mengapa. Mungkin benar apa yang orang katakan, kalau tidak kenal maka tak sayang. Pokoknya hari pertama ini banyak nilai-nilai yang baik yang dapat saya petik untuk dijadikan pembelajaraan kehidupan. Salah satunya adalah mengenal pribadi orang lebih dekat, kebanyakan dari kita menilai orang dari apa yang mereka lihat, namun jika kita mendalami kepribadian orang tersebut lebih lanjut, sebenarnya orang itu merupakan orang yang baik dan menyenangkan, hal itu telah saya buktikan di hari pertama ini. Intinya yang diperlukan bagi orang untuk dapat beradaptasi adalah bagaimana kita merespon orang-orang disekitar kita baik, niscaya semakin banyak relasi yang akan dibangun.

About the Author

Seorang Lawyer dan Auditor yang menguasai ilmu khusus seperti Tindak Pidana Korupsi, Penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Daerah, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Hibah Daerah /Bantuan Sosial

Author Archive Page

Comments

3 Comments

  1. salam kenal mas, mau bertanya diklat prajabatan nya menggunakan sistem 1 bulan (lama) atau sistem 3 bulan (baru)? terimakasih banyak.

Leave a Reply