E-KTP Tidak Lagi Menjadi Syarat Wajib Pendaftaran CPNS Tahun 2014

Picture Source : www.iberita.com

Picture Source : www.iberita.com

E-KTP Tidak Menjadi Syarat Wajib Pendaftaran CPNS Tahun 2014 – Kabar gembira bagi para masyarakat yang belum mempunyai e-KTP namun ingin sekali ikut serta dalam ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Kemarin, tanggal 24 Agustus 2014, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah mengkonfirmasi bahwa e-KTP tidak lagi menjadi syarat wajib dalam pendaftaran Ujian CPNS Tahun ini dan bagi pelamar yang belum mempunyai e-KTP dapat mendaftar dengan menggunakan KTP Non Elektronik (KTP Model lama berupa kertas). Hal ini tentunya merupakan jawaban yang dinantikan pelamar CPNS mengingat banyaknya permasalahan yang akan timbul jika persyaratan kewajiban memiliki e-KTP diberlakukan.

Panselnas sendiri mengkonfirmasi pernyataan tersebut melalui akun resmi sosial media twitter Panselnas pada tanggal 24 Agustus 2014 kemarin. Dalam isi pernyataan tersebut Panselnas menjelaskan bahwa untuk registrasi CPNS 2014 tidak harus menggunakan e-KTP, berikut saya capture pernyataan Panselnas perihal penghapusan syarat e-KTP dalam ujian CPNS 2014.

Panselnas E Ktp

Anda dapat langsung melihat pernyataan tersebut melalui akun resmi Twitter milik Panselnas yang mulai banyak “berkicau” sejak tanggal 20 Agustus 2014 sebagai pertanda mulainya rekrutmen CPNS Tahun 2014. Tidak diketahui mengapa tiba-tiba Panselnas berkicau seperti itu padahal pada hari Rabu minggu lalu, Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB), Herman Suryatman telah menyatakan bahwa salah satu persyaratan yang harus dimiliki oleh setiap pendaftar adalah mempunyai e-KTP atau KTP Elektronik. Dampaknya setiap orang yang belum mengantongi e-KTP tidak diperbolehkan mendaftar CPNS Tahun 2014.

Saya sebelumnya telah membahas permasalahan ini pada tanggal 21 Agustus kemarin dengan judul Solusi Bagi Pendaftar CPNS Yang Belum Memiliki e-KTP dan postingan tersebut banyak dikunjungi dan mendapatkan respon yang baik.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) selaku pihak yang berwenang menerbitkan e-KTP menjelaskan kembali pada tanggal 23 Agustus 2014 kemarin bahwa jika masyarakat ingin mendaftar CPNS harus terlebih dahulu mengurus e-KTP.

“Ya segeralah urus e-KTP kalau belum punya. Kita kan meminta semuanya ramai-ramai mengurus e-KTP,” ujar Gamawan Fauzi, Menteri Dalam Negeri.

Hmm…sungguh dalam pernyataan Menteri Dalam Negeri tersebut namun hal ini bertolak belakang dengan pernyataan tanggal 24 Agustus kemarin (akan tetapi pengirim melaporkannya tanggal 21 Agustus)  dimana perwakilan Pihak Kementerian Dalam Negeri melalui website Sarana Pengaduan dan Aspirasi menulis bahwa KTP Non Elektronik masih berlaku untuk mengurus administrasi apapun sampai akhir Desember 2014, pengurusan administrasi yang dimaksud adalah pendaftaran CPNS sebab dalam forum tersebut ada pihak yang menanyakan status e-KTP-nya yang belum kunjung diterbitkan guna pendaftaran CPNS Tahun 2014. Berikut capture pernyataan pihak Kemendagri tersebut:

Kemendagri ektp cpns tahun 2014

Namun sayangnya sampai saat ini belum ada pejabat baik dari Kemen PAN-RB maupun Kementerian Dalam Negeri yang menyatakan secara langsung bahwa e-KTP tidak lagi menjadi syarat mutlak pendaftaran CPNS Tahun 2014. Meskipun telah dikonfirmasi melalui akun resmi twitter dan situs pengaduan yang resmi, teman-teman yang belum mempunyai e-KTP dan ingin ikut ujian CPNS Tahun 2014 tentunya ingin mendengar secara langsung dari pejabat yang berwenang bahwa e-KTP tidak lagi menjadi persyaratan wajib dalam pendaftaran CPNS Tahun 2014 ini.

Ya semoga sajalah apa yang ditulis oleh instansi-instansi terkait tersebut baik dalam media sosial maupun website resmi milik instansi berkenaan menjadi sesuatu hal yang benar adanya sehingga para pendaftar yang belum mempunyai e-KTP dapat tenang dalam melakukan pendaftaran. Ingat bahwa bukti KTP harus peserta bawa ketika ujian nantinya karena sebelum ujian dimulai akan ada sesi verifikasi data pelamar tentunya dengan mencocokan dokumen-dokumen pelamar bawa dengan data-data yang ada di sistem Panselnas dan masing-masing Instansi yang menyelenggakan CPNS Tahun 2014.

Berkenaan dengan itu, Berdasarkan pengamatan saya, pendaftaran CPNS Tahun 2014 ini sudah kembali dibuka pada malam hari tanggal 24 Agustus kemarin. Kini para pelamar sudah dapat mengisi formulir registrasi . Oleh karena itu untuk teman-teman yang belum mempunyai e-KTP dimohonkan segera mendaftar CPNS Tahun 2014 ini dengan menggunakan NIK yang ada di KTP Non-Elektronik miliknya sebelum pihak Panselnas berubah pikiran ( he,,,he,,,he ,,jangan sampai la yah..)

Semoga Sukses!

About the Author

Seorang Lawyer dan Auditor yang menguasai ilmu khusus seperti Tindak Pidana Korupsi, Penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Daerah, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Hibah Daerah /Bantuan Sosial

Author Archive Page

Comments

Leave a Reply