Contoh Surat Pernyataan Tanah: Hibah Tanah, Tanah Wakaf, Tanah Warisan dan Lain-lain

Contoh Surat Pernyataan Tanah Hibah Tanah Tanah Wakaf Tanah Warisan dan Lain-lain

Picture Source : bpn16.wordpress.com

Tanah merupakan aset yang sangat berharga yang dimiliki oleh seseorang bukan hanya menyangkut nilai pasar yang melekat terhadapnya namun manfaat-manfaat serta hal-hal plus yang terkandung di dalamnya yang mungkin bernilai lebih dari nilai tahah itu sendiri. Oleh karena perannya yang sangat penting tersebut sering timbul permasalahan-permasalahan yang menggangu kepentingan Anda sebagai pemilik.

Mempersiapkan surat-surat dokumen yang menunjukan kepemilikan tanah ataupun peralihan tanah adalah sangat penting sebagai pembuktian jika ada permasalahan di kemudian harinya. Berikut contoh-contoh surat pernyataan yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan Anda.

Namun yang perlu Anda ingat walaupun berbentuk pernyataan di beberapa daerah ada yang mengatur tata cara dan persyaratan dokumen peralihan serta bukti pernyataan pemilikan tanah contohnya harus dilakukan dihadapan kantor camat setempat, sehingga Anda haruslah terlebih dahulu menanyakan hal tersebut ke kantor camat dimana tanah Anda berada.

1. Contoh Surat Pernyataan Hibah Tanah

Surat pernyataan hibah tanah pada dasarnya menyatakan bahwa tanah yang Anda punya sekarang merupakan hasil hibah atau bisa juga dalam kondisi Anda menghibahkan tanah milik Anda kepada orang lain. Bukti dokumen seperti ini penting sebagai pengganti terhadap perjanjian jual-beli tanah, karena peralihan melalui hibah maka dokumen inilah sebagai bukti peralihannya. Pada dasarnya dalam surat pernyataan hibah tanah poin-poin yang penting yang harus Anda masukan adalah data-data si pemberi hibah dan si penerima hibah. Lebih lanjut kalimat yang menunjukan penghibahan juga harus jelas dicantumkan sebagai penguat peralihan dengan penghibahan bersangkutan. Berikut contoh Surat Pernyataan Hibah Tanah :

2. Contoh Surat Pernyataan Tanah Warisan

Surat pernyataan Tanah warisan lebih bertujuan untuk menunjukan bahwa suatu tanah merupakan hasil dari pemberian warisan dari pewaris kepada ahli warisnya. Poin-poin penting yang harus dimasukan adalah data-data jelas mengenai si pewaris dan data-data para ahli warisnya (dalam hal tanah tersebut diberikan kepada lebih dari satu ahli waris). Berikut Contoh Surat Pernyataan Tanah Warisan :

3. Contoh Surat Pernyataan Tanah Wakaf

Surat Pernyataan Tanah Wakaf biasanya menunjukan bahwa seseorang memberikan tanahnya sebagai wakaf kepada lembaga-lembaga tertentu untuk digunakan bertujuan guna kepentingan sosial. Poin-poin yang harus dijelaskan adalah data-data dan lokasi tanah serta data-data pemberi wakaf dan lembaga yang menerima tanah tersebut. Berikut  Contoh Surat Pernyataan Tanah Wakaf:

4. Contoh Surat Pernyataan Tanah Garapan

Surat pernyataan Tanah Garapan berguna sebagai bukti kepemilikan hak atas tanah karena si pemilik tanah belum sertifikasi tanah yang digarapnya/didudukinya. Pada dasarnya dokumen ini menunjukan bahwa tanah yang didudukinya saat ini merupakan tanah garapan yang berarti tanah tersebut masih merupakan milik pemerintah. Namun dalam beberapa kondisi apabila si pemilik telah menduduki tanah tersebut bertahun-tahun lamanya maka beliau dapat memohon sertifkasi kepemilikan atas tanah bersangkutan. Berikut Contoh Surat Pernyataan Tanah Garapan:

5. Contoh Surat Pernyataan Tanah Tidak Dalam Sengketa

Surat pernyataan Tanah Tidak dalam sengketa bertujuan untuk menunjukan dan membuktika bahwa tanah yang Anda diduduki sekarang ini tidak dalam sengketa dengan pihak lain baik di dalam pengadilan maupun di luar pengadilan. Biasanya dokumen ini diperlukan apabila Anda ingin menjualnya kepada pihak lain sebagai bukti tambahan disamping pernyataan kepemilikan. Berikut Contoh Surat Pernyataan Tanah Tidak Dalam Sengketa:

 

6. Contoh Surat Pernyataan Kepemilikan Tanah

Surat pernyataan kepemilikan tanah merupakan bukti yang menunjukan bahwa tanah yang Anda diduduki sekarang ini merupakan milik Anda. Biasanya surat ini harus dibuat dihadapan Kepala Camat dimana tanah Anda tersebut berada dan ditandatangani olehnya sebagai bukti bahwa memang benar Andalah pemilik sah dari tanah tersebut. Berikut Contoh Surat Pernyataan Kepemilikan Tanah:

7. Contoh Surat Pernyataan Penyerahan Tanah

Surat Pernyataan Penyerahan Tanah merupakan bukti dokumen bahwa seseorang telah menyerahkan tanah yang dimilikinya kepada pihak lain baik itu melalui jual beli, hibah ataupun lainnya. Biasanya dokumen ini bersifat accecoir dari bukti pernyataan lainnya seperti bukti kepemilikan dan bukti peralihan. Berikut Contoh Surat Pernyataan Penyerahan Tanah yang dapat pertimbanggunakan:

8. Contoh Surat Pernyataan Jual Beli Tanah

Surat pernyataan jual beli tanah biasanya merupakan bukti dokumen bahwa seseorang telah melakukan peralihan terhadap tanah miliknya kepada pihak lain. Poin-poin penting yang harus Anda masukan adalah data-data mengenai si pembeli dan si penjual dan hal-hal lain seperti harga , waktu penyerahan dan lain sebagainya. Berikut Contoh Surat Pernyataan Jual Beli Tanah :

Semoga koleksi-koleksi surat pernyataan tanah di atas bermanfaat bagi Anda dan dapat Anda gunakan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan Anda di bidang pertanahan.

Sekian.

 

About the Author

Seorang Lawyer dan Auditor yang menguasai ilmu khusus seperti Tindak Pidana Korupsi, Penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Daerah, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Hibah Daerah /Bantuan Sosial

Author Archive Page

Comments

4 Comments

Leave a Reply