Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik 2014

Picture Source : hr.siliconindia.com

Picture Source : hr.siliconindia.com

Berikut Contoh format surat pengunduran diri yang baik . Anda mau berhenti bekerja?, resign karena tidak betah di perusahaan yang sekarang ini? mungkin dokumen yang saat ini Anda butuhkan adalah surat pengunduran diri. Berhenti bekerja memang bukanlah momen yang terbaik dalam kehidupan setiap orang mungkin sebagian bilang its hard to say goodbye dan lain sebagainya sebagai tumpu alasan berhenti bekerja. Namun jangan berprasangka buruk terlebih dahulu terhadap keputusan untuk berhenti bekerja karena banyak dari pihak-pihak yang memutuskan demikian melakukan hal tersebut beralasan untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik, contohnya seperti mendapatkan pekerjaan yang berpenghasilan lebih besar, menikah dengan pasangan idaman, kesempatan belajar di luar negeri, diterima menjadi abdi negara dan lain sebagainya.

Kalau sudah begitu bagaimana menyusun surat pengunduran yang baik? perlu Anda ketahui buruk baiknya hubungan Anda dengan atasan tidak akan mempengaruhi keinginan Anda untuk keluar dari Perusahaan yang lama. Bos dalam hal ini pimpinan Perusahaan lama Anda tidak akan menahan Anda untuk keluar dari Perusahaannya namun ada ketentuan Peraturan perundang-undangan di bidang ketenagakerjaan yang patut Anda patuhi berkenaan dengan pengunduran diri ini yaitu wajib memberitahukan secara tertulis 30 (tiga puluh hari) sebelumnya. Hal ini diperuntukkan agar Pihak Perusahaan dapat menemukan pengganti Anda sehingga tidak terjadi kekosongan atas jabatan yang Anda tinggali tersebut.

Pada dasanya Contoh format surat pengunduran diri yang baik harus menggunakan kata yang sopan, tidak bertele-tele dan jelas. Dalam surat tersebut harus berisi data dan identitas pemohon, jabatan yang ditinggalinya serta alasan mengundurkan diri. Jangan lupa juga memasukan kalimat yang menunjukan rasa terima kasih kepada Perusahaan karena telah memberikan kesempatan bagi Anda untuk bekerja di perusahaan tersebut. Berikut beberapa contoh Contoh Surat Pengunduran Diri yang dapat Anda pertimbangkan untuk digunakan:

Contoh surat pengunduran diri kerja Umum

Berdasarkan pengalaman saya bekerja di Perusahaan, Firma, BUMN dan Kantor Hukum, rata-rata para pekerja di sana menggunakan standard yang sama dalam menulis Surat Pengunduran Kerja yaitu resmi, jelas tujuannya dan tepat sasarannya. Berikut contohnya:

Contoh surat pengunduran diri dari organisasi

Mengundurkan diri dari sebuah Organisasi sangatlah berbeda dengan mengundurkan diri dari sebuah Perusahaan, letak perbedaaanya adalah tidak adanya ketentuan wajib pemberitahuan tertulis 30 hari sebelumnya. Namun persamaannya adalah harus jelas tujuan, identitas pemohon, jabatan yang ditinggali dan alasan mengundurkan diri. Kata-katanya juga harus sopan, supel dan baku agar terkesan profesional. Berikut Contoh surat pengunduran diri dari organisasi yang dapat Anda gunakan:

Contoh surat pengunduran diri Bahasa Inggris

Resignation Letter atau yang berarti Surat Pengunduran diri dalam Bahasa Inggris cenderung populer dikalangan pekerja-pekerja Ibukota. Jika Anda saat ini bekerja di Perusahaan-perusahaan Multi National Company, saya sarankan Anda menggunakan surat pengunduran diri dalam Bahasa Inggris karena itu akan menunjukan keprofesionalitasan Anda. Berikut Contoh surat pengunduran diri Bahasa Inggris yang dapat Anda gunakan:

Contoh surat pengunduran diri dari sekolah

Berdasarkan Pengalaman saya Surat Pengunduran diri dari sekolah itu sebenarnya tidak ada (saya belum pernah melihatnya), karena pada dasarnya sekolah (terutama sekolah Negeri ) bukan merupakan lembaga komersial seperti Perusahaan. Namun ada beberapa trend khususnya di sekolah-sekolah swasta bergengsi di Jakarta dan beberapa kota besar di Indonesia yang menpersyaratkan muridnya untuk menulis surat pernyataan pengunduran diri jika ingin keluar dari sekolah tersebut. Menurut saya itu sebuah terobosan, namun perlu diketahui sebagian besar surat pernyataan tersebut “diformatkan sendiri” oleh pihak sekolahnya oleh karena iu Anda tidak perlu khawatir untuk mencari-carinya. Namun apabila disuruh untuk membuatnya sendiri, maka Anda dapat menggunakan format surat pengunduran diri di bawah ini. Cukup Anda sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda saat ini, misalnya Nama Perusahaan di ganti dengan Nama Sekolah, Jabatan di ganti dengan dengan jabatan Anda sebagai siswa di sekolah tersebut dan sebagainya.

Demikianlah beberapa contoh Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik 2014 , semoga bermanfaat!

About the Author

Seorang Lawyer dan Auditor yang menguasai ilmu khusus seperti Tindak Pidana Korupsi, Penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Daerah, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Hibah Daerah /Bantuan Sosial

Author Archive Page

Comments

Leave a Reply