Contoh Surat Pengalaman Kerja Dalam Bahasa Inggris

Contoh Surat Pengalaman Kerja Dalam Bahasa Inggris

Source : ilhamrizqi.com

Contoh Surat Pengalaman Kerja Dalam Bahasa Inggris – Salah satu dokumen yang penting Anda dapatkan ketika memutuskan untuk berhenti bekerja adalah Surat Pengalaman Kerja atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan Certificate of Employment. Biasanya sertifikat Pengalaman Kerja ini dikeluarkan oleh Pihak HRD dengan anjuran pimpinan perusahaan / Direktur Perusahaan yang nantinya akan juga ditandatangani olehnya. Surat Pengalaman Kerja mempunyai fungsi yang sangat vital bagi para pencari kerja sebagai bukti bahwa mereka mempunyai pengalaman pekerjaan sehingga dapat menjadi pertimbangan yang kuat bagi Perusahaan untuk memperkerjakan mereka.

Surat Pengalaman kerja yang baik biasayasederhana, jelas, ringkas, tidak bertele-tele dan berisi bahwa si pekerja telah bekerja dengan baik di Perusahaan yang lama sehingga baik untuk diterima oleh Perusahaan yang baru. Secara khusus terdapat beberapa hal yang harus ada dalam surat pengalaman kerja yaitu:

1. Logo dan Alamat Perusahaan

Ini penting untuk menunjukan bahwa Surat Pengalaman Kerja tersebut dibuat oleh Perusahaan yang bersangkutan dan tidak dibuat-buat. Penting juga mencantumkan nomor telepon yang dapat dihubungi sehingga Perusahaan yang baru berkesempatan untuk melakukan konfirmasi mengenai Anda di Perusahaan yang alam. Namun menurut Bill Houston dari About.com Nomor Telepon tidaklah terlalu penting untuk dimasukan dalam suatu Surat Pengalaman Kerja karena kebiasaan yang terjadi feedback dari Perusahaan yang lama tidaklah terlalu baik sehingga akan mempengaruhi penilaian seorang pekerja untuk diterima di Perusahaan yang baru. Logo dan Alamat Perusahaan biasanya terletak di bagian atas kiri atau kanan suatu surat Pengalaman Kerja.

2. Nama Pekerja dan Jabatan /Posisi

Nama Pekerja harus dicantumkan dalam suatu Surat Pengalaman Kerja untuk menunjukan bahwa surat pengalaman tersebut sememangnya merupakan bukti tertulis pengalaman kerja di Perusahaan yang lama. Gunakanlah nama lengkap Anda sesuai dengan yang tercantum dalam Identitas pribadi Anda untuk menghindari adanya kerancuan rujukan. Hal yang lain yang perlu dimasukan adalah Jabatan atau posisi pekerjaan pada Perusahaan lama, hal ini untuk meyakinkan Perusahaan yang baru sememangngya Anda dahulu bekerja sesuai dengan posisi yang Anda lamar sekarang.

3. Lama Bekerja di Perusahaan Lama

Jangka waktu pekerjaan pada dasarnya esensial untuk dimasukan dalam suatu Surat Pengalaman Kerja guna menunjukan jam terbang Anda bekerja pada perusahaan yang lama dengan posisi tertentu. Lama bekerja merupakan faktor inti dari surat Pengalaman Kerja ini karena jangka waktunya akan menentukan diterima atau tidaknya Anda atas Pekerjaan yang Anda lamar. Pastikan Lama bekerja ditulis secara lengkap diawali dengan tanggal Anda mulai bekerja sampai dengan tanggal Anda berhenti Bekerja.

4. Appresiasi dari Perusahaan Lama

Surat Pengalaman Kerja yang baik adalah disertai dengan apresiasi dari Perusahaan lama mengenai kinerja Anda. Hal ini penting untuk menunjukan bahwa Anda memang layak diterima di Perusahaan Baru yang anda lamar tersebut. Disamping itu dengan adanya apresiasi tersebut akan memberikan gambaran bahwa Anda tidak berhenti dari Pekerjaan lama dengan permasalahan-permasalahan yang rumit yang nantinya akan menjadikan pertanyaan-pertanyaan tak terjawab bagi Pihak Perusahaan yang Anda lamar tersebut.

5. Tanggal dan Tanda Tangan Direktur Perusahaan

Fungsi tanggal di sini untuk menununjukan kapan surat tersebut diberikan dan ditandatangani, sedangkan Tanda Tangan Direktur Perusahaan berfungsi sebagai validasi bahwa surat Pengalaman Kerja tersebut sememangnya diberikan olen Pihak yang berwenang memberikannya.

Disamping kelima komposisi di atas, suatu Surat Pengalaman Kerja haruslah dibuat dengan Bahasa Inggris untuk menunjukan keprofesionalitasan Anda dan Perusahaan yang dulu Anda bekerja. Surat Pengalaman Kerja Dalam Bahasa Inggris biasanya ditulis sangat sederhana dan jelas sehingga orang yang membacanya tidak bingung dan cepat menangkap maksud dari pemberi surat tersebut.

Anda dapat mendownload secara gratis Contoh Surat Pengalaman Kerja Dalam Bahasa Inggris di bawah ini, pastikan seluruh kolom-kolom yang di highlight kuning Anda isi sesuai dengan data-data pribadi Anda. Karena perannya sebagai sertifikat, surat pengalaman kerja ini di print dalam kertas yang tebal seperti kerta Concorde atau sebagainya.

Semoga Bermanfaat.

Download

About the Author

Seorang Lawyer dan Auditor yang menguasai ilmu khusus seperti Tindak Pidana Korupsi, Penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Daerah, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Hibah Daerah /Bantuan Sosial

Author Archive Page

Comments

Leave a Reply