Contoh Surat Keterangan Riwayat Tanah

Contoh Surat Keterangan Riwayat TanahSilahkan donwload Contoh Surat Keterangan Riwayat Tanah dibawah ini. Pada dasarnya surat keterangan riwayat tanah merupakan bukti bahwa telah terjadi hubungan hukum antara penggarap dengan tanah yang digarapnya. Biasanya dokumen ini diperlukan bagi penduduk-penduduk lokal yang belum melakukan sertifikasi terhadap tanah yang digarapnya/didudukinya selama bertahun-tahun. Istilah surat ketarangan riwayat tanah itu sendiri berbeda di masing-masing daerah, tercatat terdapat beberapa istilah yakni sebagai berikut:

  1. Surat pernyataan tanah
  2. Surat pernyataan tanah garapan
  3. Surat pernyataan kepemilikan tanah
  4. Surat pernyataan riwayat tanah

Namun semua istilah tersebut pada dasarnya bermaksud sama satu sama lainnya yaitu bukti dokumen yang menunjukan kepemilikan suatu hak milik atas tanah karena belum dilakukan pengurusan sertifikasi terhadap tanah yang dimilikinya. Pada dasarnya pengurusannya dilakukan dihadapan kepala desa atau Camat dimana tanah itu berada. Lebih lanjut dokumen tersebut juga harus diketahui dan ditandatangani oleh Camat setempat.

Persyaratannya

Meskipun pada dasarnya berbentuk keterangan, untuk mengurush surat keterangan riwayat tanah diperlukan beberap dokumen sebagai pembuktian bahwa tanah yang dimohonkan merupakan benar milik pemohon. Persyaratan untuk mendapatkan Surat Keterangan Riwayat Tanah adalah sebagai berikut:

  1.  Fotocopy KTP pemilik tanah yang masih berlaku;
  2. Mengisi Formulir Surat Pernyataan Pemilikan Tanah dan Surat Pernyataan tidak bersengketa
  3. Mengisi Formulir Surat Ganbar/Peta Tanah
  4. Surat izin membuka lahan atau surat-surat lainnya yang menerangkan status tanah
  5. Materai Rp. 6000 2 (dua) lembar
  6. Tanda Bukti Lunas Pajak Bumi dan Bangunan ( PBB )

Catatan yang perlu diingat adalah Pengurusan dokumen ini harus dilakukan oleh yang bersangkutan atau keluarga yang tercantum namanya dalam Kartu Keluarga. Kepala Desa tidak akan melayani apabila pengurusan dilakukan oleh perwakilan pemohon.

Namun seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya bahwa untuk setiap daerah kemungkinan terdapat Peraturan Daerah yang mengatur mengenai persyaratan dan tata cara penerbitan surat keterangan riwayat tanah, untuk lebih jelasnya mengenai ini bisa di tanyakan ke Kantor Kepala Desa dimana tanah Anda berada..

Untuk lebih jelasnya mengenai format dokumen, silahkan donwload Contoh Surat Keterangan Riwayat Tanah dibawah ini:

Surat Keterangan Riwayat Tanah

 

About the Author

Seorang Lawyer dan Auditor yang menguasai ilmu khusus seperti Tindak Pidana Korupsi, Penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Daerah, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Hibah Daerah /Bantuan Sosial

Author Archive Page

Comments

Leave a Reply