Contoh Perjanjian Utang Piutang Subrogasi

Picture Source : professionaladvocate.blogspot.com

Picture Source : professionaladvocate.blogspot.com

Anda dapat mendownload Contoh Perjanjian Utang Piutang Subrogasi di bawah ini setelah penjelasan sebagai berikut. Subrogasi pada dasarnya merupakan pergantian hak-hak oleh seseorang kepada pihak ketiga.  Adapun pengertian tersebut terkandung dalam Pasal 1400 KUHPerdata.

Adapun tujuan utama dari Perjanjian Subrogasi ini adalah untuk menggantikan kedudukan kreditor lama dari hutang-hutangnya. Namun yang perlu diingat bahwa pergantian ini tidak mengandung arti bahwa debitur dibebaskan dari segala hutang-hutangnya.

Subrogasi terdiri dari 2 (dua) jenis yaitu Subrogasi yang berasal dari Undang-Undang dan Subrogas yang berasal dari Perjanjian. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai macam-macamnya Anda dapat melihat pembahasan yang pernah saya tulis di blog ini dalam postingan Subrogasi Sebagai suatu cara pembayaran hutang.

Syarat sahnya suatu Subrogasi mencakup 3 (tiga) hal yakni:

  1. Harus ditetapkan dalam suatu Akta Notaris
  2. Dalam Akta harus jelas dicantumkan jumlah besar pinjaman beserta tujuan pelunasannya
  3. Adanya keterangan mengenai Tanda Pelunasan

Namun persyaratan-persyaratan di atas hanya berlaku untuk Jenis Subrogasi yang berasal dari Perjanjian. Untuk Subrogasi yang timbul dari Peraturan Perundang-undangan tidak memerlukan syarat persetujuan dari Pihak ketiga perihal subrogasi yang dilakukan selayaknya yang ada pada Subrogasi yang timbul dari Perjanjian. Mengenai hal ini diatur secara khusus dalam Pasal 1402 BW.

Akibat dari adanya Subrogasi adalah beralihnya hak tuntutan dari kreditur kepada pihak ketiga. Biasanya perjanjian subrogasi ini banyak digunakan oleh Bank-Bank swasta yang ingin mengalihkan hutang-hutang nasabahnya kepada Pihak Ketiga. Perjanjian ini sangat populer pada masa-masa krisis melanda ekonomi Indonesia pada tahun 1998 , dimana terjadi kredit macet-macet besar-besaran yang mengakibatn banyaknya perusahaan-perusahaan yang notabene adalag nasabah Bank-Bank bersangkutan Kolaps dan gagal bayar. Selain Perbankan Lembaga-Lembaga Pembiayaan juga menggunakan perjanjian ini untuk mengatasi permasalahn kredit macetnya.

Berikut Contoh Perjanjian Utang Piutang Subrogasi , perlu diketahui bahwa Admin Blog ini bukanlah pemilik dari dokumen yang dilampirkan di bawah ini. Oleh karena itu jika ada pertanyaan atau hal-hal yang kurang jelas silahkan ditanyakan secara langsung kepada pemilik dokumen:

Draft Perjanjian Subrogasi Perjumpaan Utang by Rusidilaw

Note : Anda dapat membeli Draft Perjanjian ini dengan mengirim sms terlebih dahulu ke 082132553838 dengan format : Nama#Jenis Draft Perjanjian#Pesan


Dasar Hukum

Pasal 1400-1403 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (“KUHPerdata”)

About the Author

Seorang Lawyer dan Auditor yang menguasai ilmu khusus seperti Tindak Pidana Korupsi, Penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Daerah, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Hibah Daerah /Bantuan Sosial

Author Archive Page

Comments

Leave a Reply