Contoh Perjanjian Pengalihan Hak Cessie dan Akta Pengalihan Cessie

Picture Source : looga.com

Picture Source : looga.com

Silahkan download Contoh Perjanjian Pengalihan Hak Cessie dan Akta Pengalihan Cessie di bawah pembahasan mengenai cessie di bawah ini. Pada dasarnya seperti halnya Novasi, KUHPerdata tidak mengenal adanya istilah Cessie, namun begitu mengenai pengertian Cessie itu sendiri diberikan dalam Pasal 613 BW. Berdasarkan ketentuan tersebut, Cessie diberikan pengertian sebagai berikut:

  1. Penyerahan akan piutang-piutang atas nama dan kebendaan tak bertubuh lainnya, dilakukan dengan jalan membuat sebuah akta otentik atau dibawah tangan, dengan mana hak-hak atas kebendaan tersebut dilimpahkan kepada orang lain.
  2. Penyerahan yang demikian bagi siberutang tiada akibat, melainkan setelah penyerahan itu diberitahukan kepadanya, atau secara tertulis disetujui dan diakui.
  3. Penyerahan tiap-tiap piutang karena surat bawa dilakukan dengan menyerahkan surat itu; penyerahan tiap -tiap piutang karena surat-surat tunjuk dilakukan dengan penyerahan surat disertai dengan endosmen.

Adapun singkatnya cessie itu merupakan penggantian orang yang berpiutang lama dengan seseorang berpiutang baru. Sebagai contoh kejadian cessie, misalnya A berpiutang kepada B, tetapi A menyerahkan piutangnya itu kepada C, maka C-lah yang berhak atas piutang yang ada pada B.

Objek Cessie biasanya adalah bergerak tak berwujud, yang biasanya berupa piutang atas nama kepada pihak ketiga dimana seseorang menjual hak tagihnya kepada orang lain.

Adapun Subjek Dalam akta cessie atau Perjanjian Cessie ada 3 pihak yaitu meliputi:

  1. Ceddent ( Kreditur awal), yaitu orang yang menyerahkan tagihan atas nama;
  2. Cessionaries (Kreditur Baru),
  3. Cessus, yaitu Debitur atas piutang-piutang yang dialihkan.

Perjanjian Cessie ini banyak dijumpai dalam dunia usaha khususnya bagi-bagi Perusahaan-perusahaan Pembiayaan yang mempunyai piutang-piutang terhadap nasabahnya. Untuk memanfaatkan piutang-piutang yang mereka miliki biasanya mereka memanfaatkan Piutang sebagai alat pembayaran untuk hutang-hutang mereka atau untuk sekedar menjualnya kepada Pihak ketiga.

Dalam prakteknya Cessie dibuat dalam bentuk Akta Notaris, Namun KUHPerdata tidak mewajibkan setiap perjanjian pengalihan Cessie dibuat dalam bentuk Akta Notaris. Oleh karena itu Cessie dapat juga dilakukan dalam Perjanjian di bawah tangan.

Berikut Contoh Perjanjian Pengalihan Hak Cessie

Note : Anda dapat membeli Draft Perjanjian ini dengan mengirim sms terlebih dahulu ke 082132553838 dengan format : Nama#Jenis Draft Perjanjian#Pesan

Perjanjian Pemberian Cessie by Rusidilaw


Berikut Contoh Akta Pengalihan Hak Cessie

Contoh Akta Notaris Cessie by Rusidilaw

Dasar Hukum:

  • Kitab Undang-undang Hukum Perdata Indonesia (“BW”);

About the Author

Seorang Lawyer dan Auditor yang menguasai ilmu khusus seperti Tindak Pidana Korupsi, Penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Daerah, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Hibah Daerah /Bantuan Sosial

Author Archive Page

Comments

1 Comment

Leave a Reply