Contoh Perjanjian Patungan ( Joint Venture Agreement) Lengkap Billingual

Contoh Perjanjian Patungan ( Joint Venture Agreement) Lengkap Billingual

Picture Source : ekbis.sindonews.com

Pada dasarnya Perjanjian Patungan atau dalam Bahasa Inggris dikenal dengan sebutan Joint Venture Agreement adalah suatu kesepakatan tertulis antara satu pihak dengan pihak lainnya mengenai pembentukan perusahaan patungan, dimana di dalamnya diatur mengenai manajemen perusahaan,  pembagian porsi saham bagi masing-masing pemegang saham, pengelolaan perusahaan dan lain sebagainya (sebagaimana keinginan masing-masing pihak).

Adapun yang perlu ingat perihal perjanjian patungan ini mengatur sebagian besar hal-hal yang akan diatur dalam akta pendirian perusahaan nantinya, oleh karena itu usahakan Anda telah membaca keseluruhan isi perjanjian tersebut. Karena isinya yang hampir sama dengan akta pendirian, banyak yang salah memahami perjanjian ini sebagai duplikat asli dari akta pendirian perusahaan. Faktanya perjanjian patungan bukanlah akta pendirian, karena dalam perjanjian terdapat hal-hal yang dicantumkan dimana dalam akta pendirian perusahaan tidak mungkin dimasukan seperti jangka waktu perjanjian, keadaan kahar dan lain sebagainya.

Tidak ada standard umum mengenai isi suatu perjanjian patungan / joint venture agreement, karena berbentuk perjanjian pada umumnya , para pihak diberikan kewenangan untuk menentukan isinya sendiri, namun untuk melindungi kepentingan masing-masing pihak, ada baiknya seluruh hal-hal yang relevan dimasukan dalam suatu perjanjian patungan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari. Isi perjanjian patungan haruslah lengkap, jelas dan mudah dipahami agar para pihak tidak salah menginterprestasi isi perjanjian bersangkutan.

Namun yang menjadi pertanyaannya, bagaimana isi standard perjanjian patungan/ joint venture agreement yang umum digunakan dalam bisnis di Indonesia? dan apakah perlu digunakan bahasa inggris apabila salah satu pihak adalah Asing?. Pada dasarnya di Indonesia banyak menggunakan perjanjian patungan yang billingual, hal ini disamping untuk mematuhi peraturan perundang-undangan (UU No.24 Tahun 2009) juga demi kepentingan agar masing-masing pihak dapat memahami isi dari perjanjian tersebut. Namun apabila masing-masing pihak merupakan badan hukum/warga negara Indonesia maka cukup menggunakan template perjanjian yang menggunakan Bahasa Indonesia.

Berikut Contoh Perjanjian Patungan / Joint Venture Agreement (61 halaman) yang sering digunakan dalam bisnis di Indonesia maupun internasional yang dapat Anda gunakan.

Download Perjanjian Patungan / Joint Venture Di Sini.

NB: Perjanjian tersebut masih dienskripsi dengan password, Anda harus membeli perjanjian tersebut seharga Rp.200.000 untuk mendapatkan password, silahkan transfer sejumlah uang tersebut ke Rekening Bank Raykat Indonesia (BRI) dengan Nomor Rekening 114801007728507 , atas nama Obbie Afri. Setelah transfer, silahkan sms konfirmasi telah membayar ke nomor 082132553838 untuk mendapatkan password.

Perjanjian Patungan – Joint Venture Agreement by Rusidilaw

 

About the Author

Seorang Lawyer dan Auditor yang menguasai ilmu khusus seperti Tindak Pidana Korupsi, Penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Daerah, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Hibah Daerah /Bantuan Sosial

Author Archive Page

Comments

Leave a Reply