Contoh Format Email Pengaduan Permasalahan Pendaftaran CPNS Kepada Panselnas

Contoh Format Email Pengaduan Permasalahan Pendaftaran CPNS Kepada PanselnasContoh Format Email Pengaduan Permasalahan CPNS Kepada Panselnas – Pendaftaran CPNS sudah memasuki minggu kedua, banyak instansi pusat yang telah menutup pendaftaran banyak juga instansi daerah yang membuka pendaftaran. Namun permasalahan ketika melakukan registrasi di situs Panselnas masih saja menemui kebuntuan yang salah satunya adalah perihal pengiriman email pengaduan ke Tim Panselnas. Banyak dari pelamar CPNS menanyakan kepada saya mengenai format email pengaduan yang baik agar dapat segera di respon oleh Tim Panselnas. Sebenarnya ada trik dan persyaratan yang Anda harus perhatikan dalam mengirim email ke Tim Panselnas agar permasalahan Anda segera ditanggapi, jika tidak maka email pengaduan Anda akan diabaikan begitu saja dan Anda tidak dapat ikut berpartisipasi dalam seleksi CPNS Tahun 2014.

Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu bahwa pada dasarnya email pengaduan yang disediakan oleh tim panselnas diperuntukan terhadap penyelesaian permasalahan seputar:

  1. Nomor Induk Kependudukan (NIK) Anda tidak bisa digunakan/ telah terdaftar/ tidak valid
  2. Alamat email yang Anda tulis tidak valid;
  3. Terjadi gagal daftar akibat jaringan internet yang terputus
  4. Perbedaan data antara yang terdapat di situs SCCN BKN/Instansi terkait dengan data yang Anda isi pada formulir Registrasi di situs Panselnas.

Sehingga daripada itu, untuk permasalahan yang disebabkan oleh kesalahan Anda misalnya salah pilih instansi, salah menulis nama, salah menulis NIK, salah mengisi nomor ijazah, berkas yang dikirim kurang dan lain sebagainya tidak akan dibalas oleh Tim Panselnas. Karena sebagaimana yang mereka jelaskan, mereka tidak akan melayani permasalahan yang timbul akibat kesalahan pendaftar. Jadi oleh karena itu jangan berharap mendapat email balasan dari Panselnas jika permasalahan Anda karena kesalahan Anda sendiri.

Persyaratan Dokumen yang harus dipersiapkan

Adapun sebelum Anda mengirim email ke Tim Panselnas usahakan semua persyaratan dokumen sudah lengkap semua karena dokumen persyaratan tersebut akan dilampirkan bersama dengan email pengaduan ini. Menurut keterangan yang disampaikan Panselnas, dalam mengirim email pengaduan ke Panselnas wajib melampirkan persyaratan dokumen yaitu:

  1. Hasil Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Hasil Scan Ijazah Pendidikan Terakhir
  3. Hasil Scan Akta Kelahiran

Apabila Anda tidak melengkapi salah satu persyaratan di atas, maka akibatnya email Anda tidak akan dibalas dan permasalahan Anda tidak akan ditindaklanjuti, oleh karena jangan sampai gegabah dalam melampirkan ketiga persyaratan dokumen di atas.

Alamat email Panselnas

Terdapat dua alamat email Panselnas yang perlu Anda ketahui, karena masing-masing email tersebut menampung permasalahan yang berbeda maka jangan salah dalam mengirim ke alamat yang benar sesuai dengan permasalahan yang Ada hadapi. Berikut alamat email Panselnas dan tujuannya:

  1. Pengaduan Mengenai NIK dan terkait dengannya : Panselnas@menpan.go.id
  2. Pengaduan email : info@panselnas.id

Isi Atau Format E-mail

Baiklah setelah kita mengetahui persyaratan dokumen yang harus dilampirkan maka yang harus selanjutnya diperhatikan adalah isi atau format dari email yang akan kita kirimkan nantinya. Pada dasarnya isi email yang harus Anda kirimka haruslah singkat, padat dan meng-cover segala permasalahan Anda. Selanjutnya yang paling terpenting adalah jangan lupa memasukan keterangan data-data pribadi Anda agar tim Panselnas nantinya dapat langsung memperbaiki kesalahan di sistem mereka dengan segera. Berikut isi atau format email yang saya sarankan:

Judul Email : Penting dan Urgent : Pengaduan Permasalahan [NIK /Email (pilih)]

Kepada Tim Panselnas

Dengan Hormat,

Saya yang bernama  [masukan nama Anda sesuai KTP] bermaksud mengadukan pengaduan mengenai permasalahan [tulis permasalahan Anda misalnya NIK Tidak Bisa Digunakan | Ketidaksesuain Data KTP Ketika Melakukan Registrasi| Kesalahan Penulisan Alamat E-mail ketika melakukan registrasi| dan lain sebagainya] ketika saya [melakukan / mencoba untuk/ gagal melakukan (silahkan pilih sesuai kondisi Anda)] pendaftaran di website Panselnas yaitu di https://regpanselnas.menpan.go.id tertanggal [masukan tanggal pendaftaran yang Anda lakukan]

Pada dasarnya saya belum pernah melakukan pendaftaran CPNS di situs Panselnas sebelumnya, namun alangkah terkejutnya saya ketika melakukan registrasi, NIK saya dinyatakan [telah terdaftar | tidak bisa digunakan (pilih sesuai kondisi)] (pilih untuk permasalahn NIK)

Alamat email yang saya tulis ketika melakukan registrasi adalah [silahkan masukan alamat email yang Anda isi pada registrasi sebelumnya] namun setelah saya periksa rupanya alamat email yang saya isi tersebut salah dan tidak valid, alamat email yang benar adalah [masukan alamat email Anda yang valid]. (pilih untuk permasalahan Email)

Adapun ketika berusaha melakukan registrasi di situs Panselnas, NIK saya dinyatakan tidak sesuai dengan data-data pribadi yang ada di KTP saya, padahal setelah saya periksa dengan seksama tidak ada perbedaan sama sekali dengan yang ada di KTP Saya. (pilihuntuk permasalahan NIK tidak sesuai dengan data KTP )

Guna kepentingan verifikasi, berikut saya sebutkan data-data pribadi saya:

N.I.K:
Nama:
Tempat/tgl lahir:
Jenis Kelamin:
Alamat:
RT/RW:
Desa:
Kecamatan
Kabupaten:
Agama:                                                                                                                                                                                                                              Pekerjaan:

Perlu diketahui bahwa biodata yang saya tuliskan di atas adalah sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP/e-KTP) yang saya miliki. Untuk itu saya mohon kepada tim Panselnas CPNS 2014 bersedia untuk meluangkan waktu untuk memperbaiki masalah yang saya hadapi, hal ini disebabkan karena tanggal penutupan pendaftaran instansi yang saya daftar akan segera ditutup dan saya akan kehilangan kesempatan untuk berpartisipasi dalam seleksi CPNS Tahun 2014, oleh karenanya mohon untuk dibalas sesegera mungkin.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Nama Lengkap Anda sesuai KTP

Penting yang perlu Anda perhatikan jika memakai format yang saya berikan di atas adalah menyesuaikan frasa yang sesuai dengan permasalahan yang Anda hadapi, untuk frasa yang lain silahkan hapus. Adapun isi atau format email di atas tidaklah mutlak, Anda dapat mengubah atau menambahi kalimat-kalimat yang menurut Anda bagus.

Sebenarnya Tim Panselnas telah membuat suatu tutorial video mengenai tata cara mengirim email pengaduan ke Panselnas,  silahkan tonton video tutorialnya di bawah ini:

About the Author

Seorang Lawyer dan Auditor yang menguasai ilmu khusus seperti Tindak Pidana Korupsi, Penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Daerah, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Hibah Daerah /Bantuan Sosial

Author Archive Page

Comments

1 Comment

Leave a Reply