Contoh Format Daftar Pemegang Saham (DPS) dan Daftar Khusus

Picture Source : carabelajarmainsaham.blogspot.com

Picture Source : carabelajarmainsaham.blogspot.com

Silahkan download Contoh Format Daftar Pemegang Saham (DPS) di akhir postingan ini. Daftar Pemegang Saham atau yang sering disingkat dengan DPS sangat penting dalam khususnya untuk mengetahui pemegang saham yang ada dalam suatu Perseroan. DPS biasanya dibuat pada saat Perseroan ingin menjual saham-sahamnya kepada pihak lain (yang bukan merupakan pemegang saham yang ada). Meskipun bukan suatu kewajiban, dokumen ini ada baiknya dibuat sekalipun Perseroan tersebut tidak berniat menjual saham-sahamnya.

Dalam suatu Daftar Pemegang Saham, harus memuat sekurang-kurangnya informasi-informasi sebagai berikut:

  1. Nama dan Alamat Pemegang Saham;
  2. Jumlah saham dan tanggal saham diterbitkan dan klasifikasi saham tersebut, dalam dikeluarkan lebih dari satu klasifikasi saham;
  3. Jumlah yang disetor atas setiap saham
  4. Nama dan alamat dari orang perseroangan atau badan hukum yang mempunyai hak gadai atas saham atau sebagai penerima jaminan fidusia saham dan tanggal perolehan hak gadai atau tanggal pendaftaran jaminan fidusia tersebut.
  5. Keterangan penyetoran saham dalam bentuk lain

Salah satu manfaat membuat Daftar Pemegang Saham ialah dapat diketahui apakah saham yang terdapat dalam Perseroan tersebut sedang digadaikan atau tidak. Seperti kita ketahui saham merupakan salah satu objek yang dapat digadaikan oleh karena itu status gadainya harus diketahui khususnya bagi pihak-pihak yang membelinya.

Selain DPS, dokumen yang menunjukan data-data mengenai Pemegang saham dan saham yang dimilikinya adalah apa yang disebut Daftar Khusus. Pada dasarnya bentuk format Daftar Khusus ini sama dengan format dokumen Daftar Pemegang Saham. Perbedaan keduannya terletak pada peruntukannya, dimana DPS dipergunakan sebagai daftar pemegang saham dalam suatu Perseroan, sedangkan Daftar Khusus pada dasarnya diperuntukan sebagai wadah informasi untuk mengetahui kepemilikan saham para anggota keluarga Pemegang Saham pada Perseroan dan Perseroan lain.

Oleh karena bentuknya yang sama, untuk membuat suatu Daftar Khusus Anda dapat menggunakan bentuk format DPS di bawah ini.

Note : Dokumen di bawah ini bukan kepunyaan dari pemilik blog ini, oleh karena itu jika dalam proses download tercantum bahwa dokumen tersebut “berbayar” maka hal itu wewenang dari pemilik dokumen tersebut.

Berikut Contoh Format Daftar Pemegang Saham (DPS):

Note : Anda dapat membeli Draft Dokumen ini dengan mengirim sms terlebih dahulu ke 082132553838 dengan format : Nama#Jenis Draft Dokumen#Pesan

Contoh Format Daftar Pemegang Saham

About the Author

Seorang Lawyer dan Auditor yang menguasai ilmu khusus seperti Tindak Pidana Korupsi, Penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Daerah, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Hibah Daerah /Bantuan Sosial

Author Archive Page

Comments

Leave a Reply