Cara Mengurus Buku Tabungan dan Kartu ATM BCA Yang Hilang Atau Rusak

Cara Mengurus Buku Tabungan dan Kartu ATM BCA Yang Hilang Atau Rusak – Kehilangan buku tabungan serta Kartu ATM BCA / Paspor BCA dapat membuat masalah dalam kehidupan keuangan Anda. Jika Anda menyimpan uang Anda hanya dalam satu rekening tersebut maka hal tersebut menjadi masalah yang besar karena  sumber keuangan Anda terkunci sehingga menyulitkan Anda melaksanakan kegiatan sehari-hari .

BCANamun apakah Anda harus khawatir jika buku Tabungan BCA ataupun Kartu BCA hilang? Tenang dan tidak perlu khawatir karena untuk setiap penarikan keuangan baik melalui ATM Maupun manual (menggunakan Buku Tabungan) Pihak Bank / ATM selalu meminta Nomor PIN (Personal Identification Number) BCA Anda sehingga aman dari tindak kejahatan pencurian.  Begitu juga dengan Belanja dengan menggunakan fasilitas debit, tidak seperti Bank-Bank lain, Bank BCA mempunyai sistem keamanan yang super ketat sehingga tidak mudah uang Anda dicuri dari dalam rekeningmaupun melalui internet Banking.

Mengurus Buku Tabungan BCA Yang Hilang / Rusak

Jika Anda kehilangan Buku Tabungan BCA Anda, maka hal yang pertama harus dilakukan Adalah melaporkannya kepada pihak kepolisian terdekat dengan mendapatkan bukti surat kehilangan dari kantor yang bersangkutan. Pengurusan harus dilakukan di Kantor Cabang BCA tempat Anda membuat rekening tersebut, hal inilah yang sering menjadi masalah bagi mereka yang tidak lagi berada di tempat dimana rekening BCA mereka tersebut dibuat, Bank sama sekali tidak memberikan solusi yang baik, lebih-lebih pengurusan tidak bisa diwakilkan maupun dikuasakan, alhasil mereka harus pergi / pulang ke tempat tersebut yang tentunya memakan waktu dan mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Namun menurut beberapa keterangan teman-teman saya yang ada di Surabaya, ketentuan ini sudah tidak berlaku lagi, namun ada baiknya Anda tanyakan langsung ke Bank BCA terdekat di kota Anda untuk mengetahui kepastiannya.

Adapun persyaratan-persyaratan yang Anda harus penuhi untuk mengurus Buku Tabungan BCA yang hilang adalah sebagai berikut:

  1. Surat kehilangan dari Kantor Kepolisian yang menaungi tempat dimana Buku Tabungan Anda hilang, pengurusan untuk mendapatkan surat ini sangat cepat butuh waktu 30 menit saja dan biasa biaya yang Anda harus keluarkan adalah sukarela, namun dalam praktek sebagian besar memberikan sekitar 20 ribu sampai dengan 50 ribu rupiah untuk setiap suratnya.
  2. Identitas Pribadi Anda seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Paspor dan SIM. Jika ketiganya Anda tidak punya ataupun hilang bersama buku tabungan Anda, maka Identitas pribadi Anda dapat berupa surat Keterangan dari Kepala RT bahwa Anda masih mengurus KTP
  3. Kartu ATM BCA (jika ada)

Bawa ketiga persyaratan tersebut ke Cabang BCA dimana Anda membuat rekening tersebut lalu konsultasikan ke bagian Customer Service. Lama proses pengurusan adalah sangat cepat hanya butuh waktu 30 menit saja. Prakteknya Anda akan wawancara mengenai data-data pribadi Anda, Transaksi terakhir yang anda lakukan dan alasan hilangnya buku tabungan tersebut.

Apabila proses lancar maka Anda akan diberikan Buku Tabungan yang baru, untuk ini Anda dikenakan biaya sebesar 10 Ribu rupiah yang akan didebit secara langsung dari rekening Anda. Mudah Bukan pengurusannya?

Mengurus Kartu ATM BCA Yang Hilang / Rusak

Tidak seperti kehilangan Buku Tabungan BCA, Jika Anda kehilangan Kartu ATM BCA pengurusannya akan jauh lebih mudah. Untuk kehilangan / penggantian Kartu ATM BCA Anda, pihak Bank hanya mempersyaratkan Buku Tabungan BCA dan Identitas pribadi Anda seperti KTP ataupun Paspor. Surat kehilangan dari Kantor Kepolisian kini tidak lagi diperlukan di sini sehingga Nasabah akan lebih mudah mendapatkan Kartu ATM BCA yang baru.

Pada dasarnya Proses pengurusan hanya memakan waktu 20 menit, Pihak Customer Service akan membuatkan Anda Formulir Permohonan untuk mendapatkan Kartu ATM BCA yang baru. Dalam prakteknya Anda akan ditanyakan mengenai transaksi terakhir yang Anda lakukan terhadap Kartu BCA Anda, hal untuk untuk mengetahui bahwa Kartu ATM tersebut memang milik Anda and Anda disini harus benar-benar mengingat transaksi yang Anda lakukan, dimana transaksi itu dilakukan, jumlah transaksi beserta waktu transaksi. Hal ini sering menjadi momok bagi Nasabah yang kehilangan Kartu ATM BCA-nya, karena sebagian dari mereka tidak mengingat kapan, berapa jumah beserta dimana transaksi itu dilakukan. Jika Anda lupa segala sesuatu mengenai transaksi tersbeut maka akan memperlama proses tersebut karena Pihak Bank akan menanyakan lebih personal mengenai rekening BCA Anda, seperti siapa Nama Ibu Kandung Anda, berapa tanggal Lahir, dan dimana Anda Lahir beserta pertanyaan-pertanyaan yang bersifat pribadi yang ditanyakan ketika Anda membuat rekening tersebut. Hal lain yang perlu diingat adalah Pihak Bank akan meminta Nomor PIN Kartu ATM BCA yang lama kepunyaan Anda untuk mensetingg Kartu yang baru.

Jika seluruh proses tersebut lancar terlaksana, maka Pihak Bank akan segera mengambil Kartu ATM BCA yang baru , mensettingnya dan mematikan Kartu ATM yang lama (yang hilang atau rusak), dalam proses ini Pihak Bank akan meminta Anda untuk memasukan Nomor PIN yang baru, Anda dapat juga memakai Nomor PIN yang lama dengan syarat bukan tanggal lahir Anda. Jika selesesai maka Kartu ATM BCA yang baru akan dapat Anda bawa pulang ataupun menarik uang daripadanya, namun yang perlu diingat  untuk transaksi-transaksi seperti  Transfer uang maupun Internet Banking belum dapat lakukan pada saat itu, Pihak Bank biasanya akan menginformasikan kapan Anda dapat memakai Kartu tersebut untuk transaksi-transaksi demikian dan biasanya satu hari kemudian. Untuk pengurusannnya Anda dikenakan biaya sebesar 10 ribu rupiah yang akan di charge secara langsung dari rekening Anda.

Demikianlah tips mengenai bagaimana cara mengurus Buku Tabungan dan Kartu ATM BCA yang hilang ataupun, semoga bermanfaat untuk Anda.

About the Author

Seorang Lawyer dan Auditor yang menguasai ilmu khusus seperti Tindak Pidana Korupsi, Penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Daerah, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Hibah Daerah /Bantuan Sosial

Author Archive Page

Comments

6 Comments

    1. Tidak perlu.tpi seandainya ada itu bisa mempermudah proses masa buka Rec tabungan. Kaya saya orang Jawa timur tapi saya bisa bikin rekening BCA di Bekasi dg data alamat KTP Jawa timur. Jadi peran NPWP adlah memberi nilai + dlm proses pembuatan.

Leave a Reply