Belajar Dari Bill Gates Tentang Kegagalan

Siapa tidak kenal dengan Bill Gates? orang Amerika berusia 68 tahun ini dikenal dunia sebagai orang yang paling kaya sedunia. Meskipun posisinya sering digeser beberapa miliarder lainnya, namun Bill Gates selalu tampil sebagai salah satu orang yang paling kaya oleh beberapa media. Tercatat harta kekayaannya kini mencapai 80 Triliun dollar Amerika Serikat dan beliau telah menyandang predikat seorang milairder di usia 31. Perusahaan softwarenya Microsoft kini menjadi salah satu perusahaan paling menguntungkan seantero jagad.Bill Gates

Meskipun kesuksesan telah Gates peroleh, dirinya juga seorang Filantropist dengan mendirikan yayasan sosial bersama sang istri dengan mendirikan Bill Melinda Foundation, sebuah yayasan yang mempunyai tujuan membantu anak-anak yang kurang mampu untuk meraih cita-cita mereka dengan beasiswa-beasiswa pendidikan.

Dibalik kesuksesan seorang Bill Gates bukan berarti dia tidak pernah gagal? seperti para maestro lainnya , Gates adalah produk kegagalan dalam kehidupan namun bangkit untuk menjadi salah satu orang yang paling sukses yang pernah hidup di bumi. Namun Apa kunci keberhasilannya bangkit dari kegagalan? mengapa seorang yang pernah drop out kuliah tersebut mampu menjadi sosok seperti yang sekarang ini? apakah ada rahasia. Bill Gates dalam percakapan dan diskusi dengan para awak media sering menyebutkan kata-kata bijak, berikut kata-kata yang pernah keluar dari mulut seorang inovator ini tentang bagaimana kegagalan penting untuk meraih kesuksesan dalam kehidupan.

1. Kesuksesan adalah Guru yang Tidak Bijak Karena Mempengaruhi Banyak Orang Sukses Bahwa Mereka Tidak Bisa Kalah

Seberapa sukses kehidupan Anda, penting sekali untuk tetap rendah hati, jangan sesekali sombong atau sengaja merendahkan orang lain dengan kemenangan yang Anda miliki. Karena pada dasarnya kesuksesan itu bersifat sementara dan dapat hilang begitu saja dalam waktu sekejap. Tidak ada yang pasti di dunia kecuali perubahan. Ingatlah selalu bahwa kesuksesan mungkin merubah hidup Anda, tapi jangan sesekali merubah diri Anda. tetaplah menghormati orang lain yang Anda jumpai dan berikan penghargaan bagi orang-orang di sekitar Anda yang menurut Anda berhak mendapatkannya. Banyak orang-orang yang sukses belajar banyak dari Kegagalan daripada kesuksesan. Oleh karena itu sebenarnya kegagalan lah yang merupakan guru terbesar dan menginspirasi orang-orang untuk meraih kesuksesan bukan sebaliknya.

Bill Gates Quote

2. Jangan Bandingkan Diri Anda Dengan Orang Lain….Jika Anda Melakukannya, Maka Anda Menghina Diri Sendiri

Anda adalah Anda, dengan segala keunikan yang Anda miliki Anda mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain. Penting untuk sadar mengenai hal ini karena pada dasarnya sebuah kesuksesan itu bersifat subjektif. Ukurlah kesuksesan Anda dengan mengukur seberapa besar Anda hidup dengan nilai-nilai baik yang Anda panuti dalam meraih kesuksesan bukan membandingkan diri Anda dengan orang lain. Yang penting dalam hidup ini adalah proses bukan semata-mata hasil, karena proseslah yang dapat memberikan pelajaran kehidupan bagi Anda bukan hasilnya.

Setiap manusia mempunyai jalan dan cara kehidupan yang berbeda dalam meraih kesuksesan, terkadang sebagian dari kita mengambil jalan yang salah untuk menemukan jalan menuju kesuksesan, hal itu lumrah terjadi dan hargailah. Cintailan cara hidup Anda dalam meraih kesuksesan, tidak ada di dunia ini dimana orang sama dalam meraih kesuksesan, keunikan tersebut merupakan hal yang berharga yang dimiliki oleh setiap manusia.

3. Orang Yang Tidak Suka Kepada Anda (Dan Tindakan Anda) Adalah Sumber Pembelajaran Terbesar

Kalau di dunia bisnis, ada adagium yang mengatakan bahwa pelajaran yang paling berharga adalah konsumen yang komplain terhadap pelayanan yang diberikan. Jika terdapat beberapa konsumen yang mengeluh atas layanan yang Anda berikan dan hal itu merupakan hal yang sama, maka hal tersebut pertanda perubahan yang signifikan harus Anda dilakukan.

Sama dengan kehidupan pribadi Anda, kita juga bisa belajar dari orang-orang yang tidak menyukai kita, apapun alasannya, terutama bagi mereka yang dekat dengan kita seperti keluarga dan teman baik. Mungkin Anda sering mendengar “Jangan peduli apa yang orang lain pikirkan tentang Anda”. Nasihat itu baik jika dalam konteks pada orang yang Anda tidak kenal, namun ketika orang-orang terdekat kita yang mengeluh hal tersebut maka itu pertanda ada yang salah pada diri Anda.

4. Berbaik Hatilah Kepada Mereka Yang “Susah”, Karena Besar Peluang Anda Memerlukan Mereka Suatu Saat Nanti

Sejarah telah membuktikan bahwa orang-orang yang “cupu” di masa-masa sekolah dasar akan berubah menjadi bintang kelas ketika SMA atau orang-orang yang sering “lemah atau bodoh” di perkuliahan akan muncul menjadi orang sukses di masa yang akan datang. Bill Gates sendiri pada masa-masa mudanya sering menjadi bahan olokan dan sering disebut dengan “nerds” yaitu seorang yang dianggap aneh dan suka menyendiri bahkan sering di bully oleh teman-temannya. Puncaknya adalah ketika Gates drop out dari Universitas Harvard, dan sempat dipenjara karena mengendarai mobil dengan SIM yang kadaluarsa.

Namun roda kehidupan itu pasti berputar, setiap orang tidak selamanya berada di bawah, oleh karenanya berbaik hatilah kepada setiap orang termasuk orang-orang teraniaya atau kesusahan, karena suatu saat Anda akan memerlukan mereka. Pada dasarnya setiap orang berhak untuk dihargai karena Anda tidak pernah tahu akan jadi apa orang tersebut di masa yang akan datang dan suatu saat jika Anda membutuhkan mereka, akan mudah meminta (dan mereka pasti akan bersedia) bantuan terhadap mereka. Jalinlah hubungan yang baik dengan siapapun sejak dini, niscaya kehidupan masa depan Anda akan terang secerah langit pada siang hari.

5. “Hidup Itu Tidak Adil, Well,,Biasakanlah!”

Percayalah hidup itu tidak selamanya berjalan dengan mulus, kegagalan akan datang secara rutin oleh karena itu perjuangan kehidupan akan semakin keras. Apa yang akan terjadi pada Anda di masa depan tidak akan Anda bisa prediksi, akan terjadi sesuatu di luar kendali Anda, menyakitkan dan di luar batas kesabaran Anda. Bagaimana cara mengatasinya? yang harus Anda lakukan adalah tetap bersabar, ambil sisi positif dari setiap kejadian yang buruk dan perlakukan yang buruk dari orang-orang di sekitar Anda. Jagalah keseimbangan hati Anda, pahamilah bahwa tidak ada cahaya tanpa melalui kegelapan. Karena persoalan-persoalan hidup merupakan bagian dari keindahan dalam kehidupan, orang akan merasakan kebahagian ketika melalui kegagalan/permasalahan hidup bukan?

Kebahagiaan dalam hidup hanya akan Anda dapat ketika Anda dapat melalui setiap pengalaman hidup yang pahit dan keluar sebagai pemenang. Jangan menangisi kegagalan tapi sadarilah bahwa mereka adalah bagian dari kehidupan Anda. Anda menjadi hebat karena kesulitan hidup yang datang, sebagaimana ada pepatah mengatakan bahwa pelaut ulung tidak didapatkan dari laut yang tenang, melainkan dari laut yang berombak besar dan mematikan.

Percayalah bahwa tidak semua aspek dari sebuah kegagalan berdampak negatif terhadap diri Anda, justru kegagalanlah yang menjadikan orang-orang hebat meraih apa yang mereka harapkan. Masih ingat dengan Thomas Alva Edison dengan kisah penemuan bola lampunya yang mencapai beribu-ribu kegagalan? kalau saja Thomas menyerah karena lelah gagal terus menerus, mungkin kita tidak akan bisa menikmati malam hari dengan cahay-cahaya lampu yang indah. Bagaimana dengan Anda apakah Anda akan menyerah atas kegagalan yang menerpa Anda terus menerus? keputusan ada di tangan Anda.

There are some things in life that are out of your control that you cant change and you’ve got to live with, the choice that we have, though, is either to give up or keep on going – Nick Vujicic

About the Author

Seorang Lawyer dan Auditor yang menguasai ilmu khusus seperti Tindak Pidana Korupsi, Penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Daerah, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Hibah Daerah /Bantuan Sosial

Author Archive Page

Comments

Leave a Reply