Akhirnya Bolt Kini Benar-Benar Bolot

Bagi Anda pelanggan atau pengguna layanan internet cepat 4G Bolt, Anda akan dikejutkan dengan kebijakan baru yang berlaku mulai tanggal 10 Februari 2015 kemarin. Kini internet provider yang menyediakan layanan internet murah ini memakai sistem kuota utama plus donting. Apa itu donting? katanya donting itu adalah singkatan dari Download tinggal. Entah apa maksudnya mereka memutuskan untuk memakai sistem seperti itu, yang jelas semakin ruwet saja pelanggan dibuatnya.

Bolot

Saya saja baru tahu perubahan kebijakan tersebut dua hari yang lalu ketika ingin mengisi ulang bolt punya saya. Ketika ingin membeli paket, ada tulisan bonus kuota donting. Saya berfikir itu hanya kata-kata pemanis saja, dan saya berfikir bonus yang disediakan masih memakai sistem yang lama yaitu Kuota utama plus kuota bonus dengan ketentuan bonus harus dihabiskan dalam waktu 7 hari. Kini meskipun memakai sistem donting, kuota bonus dapat berlaku sampai 30 hari. Hanya saja ada permasalahan besar, selain jumlah kuota bonus yang melebihi kuota utama, kuota bonus tersebut hanya dapat digunakan hanya pada jam-jam tertentu, yaitu dari Jam 1 malam sampai dengan jam 8 pagi. Pertanyaannya adalah siapa yang mau berinternet ria di jam-jam horor seperti itu?

Saya tidak habis pikir namun dapat memahami bahwa sebenarnya strategi merubah sistem ini merupakan tindakan antisipasi atas membludaknya pelanggan bolt yang semakin hari semakin tak terkendali jumlahnya. Dengan kecepatan yang sudah 4G ditambah dengan murahnya paket yang disediakan, tak pelak lagi para penikmat dunia maya dan media sosial berbondong-bondong hijrah ke layanan berlogo roket ini. Namun sayang, keberhasilan bolt menarik pelanggan yang banyak malah merugikan pelanggan itu sendiri dengan membatasi penggunaan kuota yang mereka punya.

Sebenarnya apa tujuan diberlakukannya dengan sistem download tinggal? apakah pihak bolt berfikir bahwa pelanggannya semua hanya melakukan kegiatan berunduh ria di internet? jujur saya jarang sekali mengunduh ataupun streaming, selain pemborosan kuota, saya juga tak bisa bertahan lama-lama menunggu download di depan internet. Jadi tak seharusnya mereka menerapkan sistem download tinggal, seakan-akan kegiatan di internet itu hanya melulu terbatas pada download dan download.

Paket Internet

Bagian yang paling parah adalah kebijakan ini tidak diberitahukan terlebih dahulu kepada para pelanggan bolt. Alhasil hampir seluruh pelanggan merasa kebingungan ketika bonus kuota mereka tidak bisa digunakan di jam-jam tertentu, saya sempat protes melalui akun resmi twitter mereka, namun balasannya singkat dan seperti mau lari saja dari jejalan pertanyaan yang saya sampaikan.

Dulu kalau ada orang yang menyindir bolt sebagai internet yang bolot, saya selalu tertawa sinis seraya memamerkan keagungan layanan dari internet provider 4G satu-satunya di Indonesia ini. Kini saya telah menyadari bahwa Bolt sudah menjadi layanan internet yang benar-benar bolot. Bolt tak berani menjawab komplain-komplain dari pelanggannya yang menginginkan perubahan atas sistem yang baru ini, Bolt bersikap layaknya bolot yang mendengar namun berakting menangkap persepsi yang berbeda atas komplain-komplain tersebut.

Duh Bolt ,,,bersiap-siaplah Anda ditinggalkan oleh para pelanggan setia Anda dalam waktu dekat kalau tidak segera berubah. Mudah-mudahan ada saingan yang setara sehingga penyedia layanan internet murah berkecepatan tinggi tidak dimonopoli oleh perusahaan-perusahaan yang senang membuat pelanggannya kesusahan. Semoga!

About the Author

Seorang Lawyer dan Auditor yang menguasai ilmu khusus seperti Tindak Pidana Korupsi, Penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Daerah, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Hibah Daerah /Bantuan Sosial

Author Archive Page

Comments

Leave a Reply